Managemen Bank Nagari kembangkan produk nagari digital masjid

id Bank Nagari, layanan digital,qris, ollin

Managemen Bank Nagari kembangkan produk nagari digital masjid

Jajaran Direksi Bank Nagari. (ANTARA/HO-BN)

Padang (ANTARA) - Managemen Bank Nagari terus berinovasi terhadap layanan di era digitalisasi saat guna memjawab segal kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi termasuk mengembangkan produk nagari digital masjid, artinya masyarakat tidak mesti memberi sumbangan, infaq dan sadaqahnya dengan uang tunai tetapi sudah lewat transper.

"Masyarakat yang ingin berinfaq tinggal masuk ke aplikasi yang sudah disiapkan Bank Nagari, sehingga bisa langsung masuk dan mungkin masjid yang dekat dengan rumah kita," kata Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad saat pemaparan kinerja tahun 2022, di Padang, baru-baru ini.

Menurut dia, supaya bisa berinfaq atau sadaqah secara digital tentu sepanjang masyarakat harus ada rekening Bank Nagari meski pun biaya cukup ringan.

Selain itu, Bank Nagari juga sudah menyiapkan layanan-layanan yang berkaitan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, di antaranya layanan Nagari Hospital, kemudian digital klinik yang diberi nama N-Kis juga, sehingga tak perlu repot-repot.

Pihaknya akan memperkuat marketing di bagian ini, guna bisa memberi penjelasan kepada masyarakat bagaimana penggunaan dan kemudahan yang diperoleh memakai aplikasi tersebut, makanya yang harus dilakukan pada 2023.

"Upaya itu, sebuah harapan agar layanan digital di Sumatera Barat dapat dijalankan dengan baik," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dirut juga mengungkapkan pada 2023-2024 juga menjadi fokus juga dalam pengembangan layanan digitalisasi lebih luas lagi jangkauannya, termasuk hingga ke Arab Saudi.

Pengembang QRIS Bank Nagari, kata Irsyad, ke depannya juga bisa memberi layanan bagi masyarakat yang menunaikan ibadah umrah ke tanah suci, sehingga tidak perlu mencari rial lagi, cukup dengan membawa kartu saja bisa. "QRIS akan semakin lengkap ke depannya, jadi dapat digunakan dimana saja, termasuk di Arab Saudi," ujarnya.

Selain itu, sudah diprogram juga pengembangan layanan digital untuk Malaysia, karena sebagai negara serumpun tentu akan sangat memungkinkan. Tujuan adalah untuk memberikan kemudahan terhadap layanan transaksi bagi wisatawan, khususnya wisatawan asal Malaysia yang cukup bawa kartu, dan bisa bertransaksi di Bukittinggi.

Irsyad menyebutkan, Bank Nagari sudah memprogram pada 2023 segera meluncurkan produk layanan digital SupperApps yang akan diberi nama Ollin (All In) yang artinya semua layanan bisa dijangkau dalam satu aplikasi super.

"Layanan ini tidak seperti Nagari Mobile Banking yang telah ada. Ollin ini nanti betul-betul lengkap, banking in your hand. Jadi apapun urusannya dengan bank cukup di genggaman. Kami meyakini kehadiran Ollin akan betul-betul menjawab kebutuhan masyarakat terhadap layanan digital perbankan," katanya.*