Lima rekomendasi BI agar ekonomi Sumbar tumbuh

id Bank Indonesia,ekonomi sumbar,pariwisata sumbar,ekonomi kreatif

Lima rekomendasi BI agar ekonomi Sumbar tumbuh

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama (ANTARA/Mario SN)

Padang (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat memberikan lima rekomendasi kepada pemerintah daerah agar ekonomi di Sumatera Barat tumbuh pada 2023, diantaranya adalah pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata .

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat Wahyu Purnama di Padang, Kamis, mengatakan hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengembangkan ekonomi kreatif dan pariwisata secara konsisten dan berkelanjutan terutama dalam momen Visit Beautiful West Sumatera 2023.

"Momentum ini harus dimanfaatkan dengan mendorong penambahan rute dan frekuensi penerbangan untuk sektor pariwisata baik domestik maupun asing," kata dia.

Kedua, mengembangkan hilirisasi komoditas pertanian antara lain kelapa sawit dan komoditas hortikultura dengan membangun industri pertanian yang kuat.

"Sumbar itu surplus pangan namun produksi ini disalurkan ke daerah tetangga tanpa memastikan kebutuhan dalam daerah terpenuhi, sehingga yang menjadi fokus adalah meningkatkan produksi dan menjaga distribusi dengan baik," kata dia.

Baca juga: BI proyeksikan inflasi di Sumbar turun pada 2023

Baca juga: IHSG Jumat menguat ke posisi 6.826,5 didorong ekspektasi inflasi akan turun


Ketiga mendorong realisasi investasi di Sumatera Barat melalui promosi investasi yang efektif dan harmonisasi peraturan daerah mengenai investasi antara lain mengenai regulasi RDTR di daerah.

"Saat ini ada investasi yang berpindah dari Sumbar ke daerah lain, ada juga investasi yang tutup karena merugi. Kami berharap keran investasi di Sumbar terus meningkat," kata dia.

Keempat mempercepat pembangunan proyek infrastruktur strategis nasional dan daerah antara lain Jalan Tol Trans Sumatera Padang-Pekanbaru, Jalan Sitinjau Laut, Jalan Pintas Lawang-Bukittinggi, Pelabuhan Teluk Tapang dan Bandara Rokot.

Kelima mengembangkan ekonomi digital dengan memperluas penggunaan kanal pembayaran non tunai baik pada sektor swasta di bidang pariwisata, perdagangan, maupun transaksi pemerintah.

"Kami memproyeksikan perekonomian Sumbar tumbuh pada kisaran 4,2 persen hingga 5,0 persen (yoy) dan salah satu yang menjadi potensi tumbuhnya ekonomi Sumbar adalah sektor pariwisata yang semakin meningkat seusai ditetapkannya 2023 sebagai tahun kunjungan wisata dengan tagline Visit Beautiful West Sumatera 2023," kata dia.

Baca juga: BI naikkan suku bunga acuan menjadi 5,75 persen

Baca juga: BI proyeksi inflasi tahun depan turun ke 1,5-3,5 persen


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bank Indonesia beri lima rekomendasi agar ekonomi Sumbar tumbuh