Wabup Pessel apresiasi kepedulian anggota DPR RI normalisasi Batang Tapan

id sungai batang tapan,normalisasi sungai,pesisir selatan

Wabup Pessel apresiasi kepedulian anggota DPR RI normalisasi Batang Tapan

Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah, di Painan, Selasa. (ANTARA/HO-Diskominfo)

Painan (ANTARA) - Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariansyah mengapresiasi kepedulian anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi terhadap mendorong normalisasi batang Tapan dalam mencegah bencana banjir .

Rudi Haryansyah di Painan, Rabu mengatakan anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi mengabulkan aspirasi masyarakat Pesisir Selatan dengan menggelontorkan dana pokok pikiran senilai Rp 32 miliar dari APBN utuk normalisasi Batang Tapan.

Ia mengatakan Batang Tapan merupakan salah satu pemicu banjir di Tapan selama ini

Setiap Tapan dan sekitarnya dilanda hujan, banjir dari luapan Batang Tapan akan merendam rumah dan pemukiman warga.

"Pernah diusulkan pada tahun 2021, pada saat pengusulan waktu itu, diakuinya memang anggaran tidak ada. Namun setelah diusulkan kepada buk Athari, pada tahun anggaran 2022 normalisasi Batang Tapan bisa terealisasi," katanya.

Ia menyampaikan, dalam pembangunan normalisasi Batang Tapan dilakukan melalui APBN, karena memang tidak bisa mengandalkan APBD kabupaten maupun APBD provinsi.

“Karena anggaran cukup besar ini, sehingga Athari berjuang penuh untuk mengupayakan agar terealisasinya Normalisasi Batang Tapan dengan APBN. Dan Alhamdulillah terealisasi,” terangnya.

Ia berharap, normalisasi Batang Tapan dapat meminimalisir banjir di daerah dan berharap kepada anggota DPR RI asal Sumbar untuk dapat masyarakat khususnya Pesisir Selatan.

“Kini setelah normalisasi ini, tidak hanya bermanfaat untuk meminimalkan banjir yang kerap terjadi akibat meluapnya Sungai Batang Tapan, kini lokasi ini juga sudah menjadi objek wisata,” tambahnya.