Pemkot Pariaman susun RPD transisi 2024-2026

id Rencana Pembangunan Daerah,genius umar,pariaman

Pemkot Pariaman susun RPD transisi 2024-2026

Suasana Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Pariaman 2024-2026 di Pariaman, Kamis. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, sedang menyusun Rencana Pembangunan Daerah (RPD) transisi untuk 2024 sampai 2026 guna menghadapi peralihan kepemimpinan daerah tersebut.

"Kepemerintahan saat ini yaitu saya sebagai Wali Kota Pariaman dan Mardison Mahyudin sebagai Wakil Wali Kota Pariaman akan habis pada Oktober 2022," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai membuka Konsultasi Publik Rancangan Awal RPD Pariaman 2024-2026 di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan karena masa kepemimpinannya hampir habis maka diperlukan penyusunan RPD transisi sebagai acuan bagi pejabat wali kota untuk memimpin daerah tersebut hingga tersusun RPD pemerintahan definitif.

Ia menyampaikan dalam kegiatan tersebut pihaknya membahas apa saja yang telah dicapai semasa kepemimpinannya serta menyusun hal yang harus dikerjakan ke depannya.

"Bagi saya Pariaman sebagai kota wisata terus dilanjutkan, 'waterfront city' (kota tepi air) terus digiatkan, dan infrastruktur ini dilanjutkan," katanya.

Hal tersebut karena konsep pengembangan daerah dan pembangunan infrastruktur yang telah dijalankan di daerah itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, kata dia.

Ia mengatakan jabatannya sebagai Wali Kota Pariaman berakhir Oktober 2022 sedangkan pemilihan kepala daerah Pariaman dilaksanakan pada akhir 2024 dan kepala daerah terpilih mulai bekerja awal 2025.

RPD transisi yang disusun tersebut merupakan keputusan bersama melalui musyawarah perencanaan pembangunan.

"Pemerintah transisi akan menjalankan pemerintahan sesuai dengan garis yang diputuskan masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut ia menanggapi pertanyaan terkait dirinya maju pada Pilkada 2024. Ia mengatakan dirinya masih fokus untuk menyelesaikan masa jabatannya dan belum memikirkan Pilkada.

"Saya fokus menyelesaikan masa jabatan dulu, kalau sudah hampir habis baru saya jelaskan," tambahnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2023