PT Angkasa Pura II sebut Jumlah penumpang di BIM alami kenaikan saat Nataru 2022

id BIM,AP II,Sumbar

PT Angkasa Pura II sebut Jumlah penumpang di BIM alami kenaikan saat Nataru 2022

GM Angkasa Pura II KC BIM Siswanto (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang Pariaman (ANTARA) - PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman mencatat jumlah penumpang di bandara tersebut saat Operasi Natal dan tahun Baru (Nataru) 2022 mengalami kenaikan dibanding tahun lalu.

GM PT Angkasa Pura II KC BIM, Siswanto di Padang Pariaman, Sabtu mengatakan sepanjang Operasi Natal dan Tahun Baru 2022 jumlah penumpang mencapai 75.690 penumpang sementara dalam Nataru 2021 jumlah penumpang hanya sekitar 39 ribuan orang.

"Terjadi kenaikan penumpang dua kali lipat dibandingkan periode yang sama dari tahun lalu," kata dia.

Menurut dia jumlah penumpang paling sedikit dalam Operasi Nataru 2022 ini terjadi pada 19 Desember 2022 dengan jumlah penumpang mencapai 24 persen dibandingkan jumlah penumpang di saat normal.

Kemudian untuk jumlah penumpang tertinggi terjadi pada Kamis 30 Desember 2022 yang mencapai 88 persen dibandingkan jumlah penumpang di saat normal.

Ia mengatakan normalnya jumlah penumpang di Bandara Internasional Minangkabau ini sekitar 8.000 hingga 9.000 penumpang setiap harinya.

"Ada perbaikan jumlah penumpang dibandingkan masa COVID-19 namun belum menutupi kerugian yang terjadi saat pandemi," kata dia.

Menurut dia pada saat normal jumlah penumpang pesawat dalam setahun itu mencapai 3,2 juta penumpang dan pada tahun ini masih di angka 1,9 juta hingga dua juta penumpang.

Dirinya berharap kondisi ini semakin membaik pada 2023 yang dimulai dengan pencabutan status PPKM yang diumumkan Presiden Joko Widodo serta jumlah korban terpapar pandemi COVID-19 yang mulai melandai membuat jumlah kunjungan semakin meningkat.

"Selain itu program Pemprov Sumbar yang mendatangkan wisatawan pada tahun depan akan membuat jumlah penumpang semakin banyak," kata dia.