Pj Wali Kota Payakumbuh sidak ke puskesmas untuk pastikan pelayanan berjalan dengan baik

id Pj Wali Kota Payakumbuh,sidak ke puskesmas payakumbuh,Berita Payakumbuh,Berita sumbar

Pj Wali Kota Payakumbuh sidak ke puskesmas untuk pastikan pelayanan berjalan dengan baik

Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda saat meninjau langsung pelayanan di Puskesmas Tarok, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh. Antara/Akmal Saputra

Payakumbuh (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Rida Ananda melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke salah satu puskesmas yang ada di daerah tersebut untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik.

"Kita turun hari ini melakukan inspeksi ke puskesmas untuk melihat langsung bagaimana pelayanan di puskesmas kita yang ada di Kota Payakumbuh," kata Rida usai melakukan sidak di Puskesmas Tarok, Kecamatan Payakumbuh Utara, Senin.

Guna memastikan pelayanan berjalan dengan baik, Rida berbincang dengan sejumlah masyarakat yang memanfaatkan pelayanan tingkat 1 di atau Puskesmas tersebut.

"Pokoknya, kalau ada masyarakat kita yang tidak terlayani dengan baik atau petugas kami tidak melakukan pekerjaan sesuai aturan. Laporkan langsung kepada saya, InsyaAllah laporan ini langsung di tindak lanjuti," ujarnya.

Selain mengecek pelayanan, Pj Wali Kota Payakumbuh juga memastikan kelengkapan fasilitas dan ketersediaan obat di puskesmas mencukupi.

"Kita tahu saat ini cuaca ekstrem dan itu berpengaruh kepada kesehatan dan peningkatan jumlah masyarakat yang berobat ke puskesmas karena itu kita harus memastikan obat-obatan di puskesmas itu tidak kurang," ujarnya.

Dia mencontohkan, untuk di Puskesmas Tarok saat ini ada peningkatan sedikit untuk penyakit Tuberkulosis Paru atau TB Paru sehingga harus ditambah stok di puskesmas.

"Selain obat untuk TB ini, Alhamdulillah obat-obatan yang ada di puskesmas cukup. Petugas harus terus memastikan ketersediaan ini," kata dia.

Ia mengatakan bahwa ke depannya Pemkot Payakumbuh akan mengupayakan agar IGD di puskesmas dapat berfungsi 24 jam karena hingga saat ini baru berfungsi selama jam kerja.

"Kita sangat sadar bahwa fasilitas kesehatan menjadi salah satu yang paling dibutuhkan masyarakat sehingga kita harus terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas di puskesmas-puskesmas," ungkapnya.