Lapas Kelas III Suliki komit jamin kesehatan warga binaan

id lapas suliki,sumbar

Lapas Kelas III Suliki komit jamin kesehatan warga binaan

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas III Suliki saat mengikuti senam pagi. (Antara/HO-Lapas Kelas III Suliki)

Payakumbuh (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat terus berupaya untuk menjamin kesehatan fisik dan mental dari warga binaan pemasyarakatan (WBP) dengan menjaga pola hidup dan makan yang sehat.

"Kita di Lapas Suliki terus berupaya menjamin kesehatan warga binaan. Salah satunya dengan memastikan makanan yang diberikan sehat dan warga binaan juga harus rutin berolahraga," kata Kepala Lapas Kelas III Suliki Kamesworo dihubungi dari Payakumbuh, Sabtu.

Ia mengatakan makan dan minum yang diberikan oleh Lapas Suliki kepada warga binaan telah melalui proses sedemikian rupa sehingga ketika diberikan kepada warga telah menjadi makan dan minum yang layak, sehat dan bergizi.

"Pada 2021, Lapas Suliki menjadi pelayanan terbaik nomor dua makan dan minum bagi narapidana se-Indonesia, ini terus kita jaga dan akan kita tingkatkan," katanya.

Sementara untuk pola hidup sehat, Lapas Suliki secara rutin melaksanakan kegiatan senam pagi satu kali dalam sepekan yang diikuti oleh seluruh warga binaan.

"Instruktur senam kita datangkan langsung dari luar untuk memimpin senam warga binaan, agar warga binaan antusias untuk melaksanakan senam pagi," ujarnya.

Ia mengatakan senam pagi bagi warga binaan bertujuan untuk mempermudah penyerapan vitamin D yang berasal dari sinar matahari pagi, antara jam 8 sampai jam 10 pagi. Selesai senam, pihaknya juga memberikan vitamin bagi warga binaan dan pegawai Lapas Kelas III Suliki.

"Disiplin dalam menjaga kesehatan itu sudah menjadi kewajiban, asupan makanan bergizi dan berolahraga itu menjadi kunci menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh. Semoga dengan diadakannya kegiatan seperti ini teman-teman menjadi bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit," ujarnya.

Ia mengatakan dalam meningkatkan pelayanan pihaknya juga akan terus berkoordinasi bersama dinas kesehatan dan puskesmas setempat.

"Hal ini kita lakukan untuk membantu kita di Lapas Suliki dalam bidang kesehatan warga binaan pemasyarakatan. Kita akan memberikan yang maksimal bagi warga binaan," ujarnya.