Peduli sesama, LUTD PLN nyalakan listrik gratis di 41 rumah masyarakat Sumbar

id PLN, nyalakan listrik gratis

Peduli sesama, LUTD PLN nyalakan listrik gratis di 41 rumah masyarakat Sumbar

LUTD PLN nyalakan listrik gratis di 41 rumah masyarakat Sumbar dipimpin langsung GM PLN Sumbar Toni Wahyu Wibowo. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Program Light Up The Dream (LUTD) dari PLN semakin giat melanjutkan aktivitas mulianya dengan melistriki rumah-rumah masyarakat yang membutuhkan secara gratis. Seperti namanya, LUTD adalah upaya pegawai-pegawai PLN untuk menyusuri warga-warga yang belum berlistrik untuk kemudian menyalakan mimpi warga-warga tersebut untuk mendapatkan listrik.

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar pun turut bergabung pada penyalaan serentak LUTD, bersama berbagai Unit Induk PLN di Indonesia, yang diadakan melalui virtual zoom meeting, Rabu.

Penyalaan serentak ini diadakan oleh PLN Pusat untuk menyemarakkan HUT RI ke-77.

General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo menyampaikan, ada 41 pelanggan yang dinyalakan pada hari ini, yaitu pelanggan yang tersebar dari 17 PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP). "Sejak awal LUTD diadakan di Sumbar, kami sangat bersyukur. Karena ada banyak haru hingga sukacita dari masyarakat penerima bantuan. Artinya bantuan ini memang betul-betul diperlukan," sampai Toni kemudian.

Pada acara penyalaan serentak ini, Toni hadir langsung di kediaman Saparudin, pelanggan penerima LUTD di daerah Pampangan Kecamatan Lubuk Begalung. Saparudin menerima bantuan penyalaan listrik gratis dari dana talangan pegawai-pegawai PLN ULP Indarung.

Saparudin yang sehari-hari bekerja sebagai buruh harian lepas ini tinggal bersama istri dan 3 orang anaknya, di rumah sederhana yang hanya memiliki 2 ruangan kecil dan 1 kamar mandi darurat.

Kasmita, istri Saparudin dengan haru sampaikan ucapan terima kasihnya. "Terima kasih Pak, sekarang kami tidak perlu menumpang listrik lagi ke sebelah. Anak-anak bisa belajar dengan tenang dan leluasa," ucap Kasmita.

Hadir pula Kepala RT Pampangan, Laswita. Kepada General Manager dan rombongan PLN, Laswita berharap program bantuan PLN terus berlanjut dan menyentuh lebih banyak lagi warga yang membutuhkan.

"Terima kasih kepada PLN sudah membantu warga kami. Semoga menjadi amalan bagi Bapak/Ibu sekalian. Dan semoga program bantuan PLN terus menyentuh warga dalam bentuk program apapun. Contohnya seperti program bedah rumah yang mungkin bisa diberikan juga kepada Pak Saparudin," sampai Laswita.

Sementar itu ada pula Erna, pelanggan penerima LUTD dari PLN ULP Lubuk Alung. Dedi Yudison, Manager ULP Lubuk Alung menyampaikan, kediaman Erna selama ini belum berlistrik dan pegawai di ULP Lubuk Alung sepakat untuk menyisihkan sedikit rezeki agar dapat melakukan penyambungan listrik secara gratis ke kediaman Erna.

Yusuf Didi Setiarto, Direktur Manajemen SDM PLN, pada sambutannya menyampaikan bahwa bertepatan dengan HUT RI ke-77 Tahun, PLN bangga dapat membawa merdeka listrik kepada 8000an pelanggan pada hari ini.

"Kami sangat bangga dan mengapresiasi semua sahabat yang telah memulai dan melanjutkan tindakan mulia ini hingga sekarang. Selamat kepada yang memberi dan menerima. Semoga menjadi amal baik bagi yang memberi dan menjadi manfaat bagi yang menerima. Jangan pernah bosan menjadi orang baik," ungkapnya.

Sementara itu Daru Tri Tjahjono, EVP Pengembangan Talenta PLN berharap, semoga setelah mimpi berlistrik dinyalakan, mimpi-mimpi lain dari masyarakat penerima pun dapat tercapai.*
LUTD PLN nyalakan listrik gratis di 41 rumah masyarakat Sumbar dipimpin langsung GM PLN Sumbar Toni Wahyu Wibowo. (ANTARA/HO-PLN)