LLDIKTI Wilayah X minta ASN dan karyawan terapkan prinsip berAKHLAK

id LLDIKTI Wilayah X,Sumbar,Padang,berita sumbar,berita padang,kampus terbaik sumbar,kampus di padang,PTS di padang

LLDIKTI Wilayah X minta ASN dan karyawan terapkan prinsip berAKHLAK

ASN di lingkungan LLDIKTI Wilayah X mengikuti apel pagi (ANTARA/ HO LLDIKTI Wilayah X)

Padang, (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan di lingkungan institusi tersebut mampu menerap prinsi AKHLAK dalam pelayanan yang mereka berikan.

Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah X Rahmi di Padang, Selasa BerAKHLAK sendrii memiliki makna mulai dari Ber yakni berorientasi pelayanan. ASN harus memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan dan melakukan perbaikan tiada henti.

Sementara itu untuk AKHLAK terdiri dari Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Akuntabel, yaitu melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi, lalu menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien, dan tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

Kompeten, panduan perilaku ialah meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, dan melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

Harmonis, menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain, dan membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Loyal, memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah, menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

Adaptif, cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas, dan bertindak proaktif.

Kolaboratif, memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Selain itu perlunya dialog antara pimpinan dan karyawan terkait capaian kinerja, kendala serta dokumen pendukung target kinerj penerapan nilai-nilai yang sesuai dengan prinsip berAKHLAK.

“Kita akan bahas capaian kinerja serta dokumen pendukung target secara rutin. Kemudian, perlunya penerapan nilai-nilai berAKHLAK bagi ASN LLDIKTI Wilayah X,” kata dia.

LLDIKTI Wilayah X melaksanakan kunjungan ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam rangka melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) Pengawasan, Pengendalian, dan Pembinaan (Wasdalbin).

Fokus monev tahun ini adalah pengumpulan data capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) LLDIKTI Wilayah X.

Dirinya berharap perolehan data mencapai angka 100 persen dari PTS dan bisa dijadikan titik acuan yang terukur dalam melakukan perbandingan serta pengembangan program peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah kerja LLDIKTI Wilayah X.

Selain itu LLDIKTI Wilayah X berupaya selalu terbuka dan transpara untuk memenuhi indikator keterbukaan informasi publik.

“Semua dokumen terkait kewajiban LLDIKTI Wilayah X dalam tranparansi informasi dapat diakses melalui laman PPID. Ke depannya, kita akan selalu memperbarui data dan informasi sesuai amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Kita menargetkan semua data dikelola dengan baik, terpusat, dan mudah akses,” kata dia.