Bukittinggi terima Anugrah Nirwasita Tantra 2021 dari KLHK RI

id Bukittinggi terima Anugrah Nirwasita,Wako bukittinggi,Berita bukittinggi,Berita sumbar,Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial

Bukittinggi terima Anugrah Nirwasita Tantra 2021 dari KLHK RI

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Ketua DPRD Benny Yusrial dan Kadis LHK, Aldiasnur menerima penghargaan Nirwasita Tantra (Antara/HO-Pemkot)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Kota Bukittinggi, Sumatera Barat menerima penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), penghargaan tersebut diserahkan di Gedung Manggala Wana Bakti Jakarta, Rabu.

Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Pusat yang diberikan kepada Pimpinan Daerah baik eksekutif maupun legislatif, yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar bersama Ketua DPRD Benny Yusrial didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bukittinggi, Aldiasnur.

Kota Bukittinggi menjadi satu dari empat daerah di Sumatra Barat, yang mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra 2021.

Untuk penghargaan 2021, Nirwasita Tantra diserahkan kepada Wali Kota dan Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Wali Kota dan DPRD Kota Padang, Wali Kota dan Ketua DPRD Payakumbuh, serta Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, termasuk DPRD Provinsi Sumatra Barat.

“Untuk kategori kota kecil, penghargaan diterima oleh Wali Kota dan Ketua DPRD Bukittinggi, hal ini terkait dengan setiap program dan inovasi yang dijalankan Pemkot Bukittinggi mengenai isu lingkungan hidup dilaporkan dalam Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD),” kata Aldiasnur.

Menurutnya, setiap tahun laporan itu disusun dan disampaikan kepada KLHK melalui sistem informasi yang telah dibangun dan selanjutnya dilakukan penilaian oleh Tim Profesional Independen.

“Program yang dinilai antara lain mencakup Indeks Kualitas Udara, (IKU), Indeks Kualitas Air (IKA), Indeks Kualitas Lahan (IKL), Pengelolaan Sampah serta konsep tatanan pembangunan kota,” katanya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengatakan sesuai visi misi yang tertuang dalam RPJMD, Bukittinggi menjalankan berbagai program yang mendukung Bukittinggi Hebat dalam sektor kesehatan dan lingkungan.

Sehingga, sejumlah upaya dilakukan untuk merealisasikan program berbasis lingkungan hidup.

“Alhamdulillah berkat penyelenggaraan pemerintahan yang berwawasan lingkungan hidup, penghargaan ini dapat kita raih, prestasi ini tentu tidak lepas dari kerja keras dinas terkait didukung Pimpinan dan Anggota DPRD serta disukseskan oleh masyarakat Bukittinggi," kata Erman.

Ia menyampaikan terima kasih untuk kerja keras seluruh pihak dan akan mengupayakan untuk mempertahankan serta meningkatkan di tahun berjalan dan tahun akan datang.

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, juga mengungkapkan rasa syukurnya, karena Bukittinggi berhasil meraih penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2021.

DPRD menurutnya memang berkomitmen untuk mendukung seluruh program pemerintah, yang tujuannya untuk kesejahteraan rakyat di seluruh bidang termasuk lingkungan hidup.

“Kami atas nama masyarakat Bukittinggi tentu bersyukur pada Allah atas penghargaan ini, mami di DPRD akan terus mendukung program pemerintah berbasis masyarakat dan lingkungan," pungkasnya.