Lewat program TJSL, PLN ajak siswa tingkatkan keterampilan dan wirausaha

id PLN, TJSL

Lewat program TJSL, PLN ajak siswa tingkatkan keterampilan dan wirausaha

GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo menyerahkan bantuan TJSL secara simbolis kepada Bupati Agam Andri Warman, Kamis (12/5). Bantuan itu ditujukan untuk SMKN 1, dan tempat penampungan sampah. (ANTARA/HO-PLN)

Agam (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menggulirkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk siswa/siswi SMAN 1 Tanjung Raya Maninjau dan lingkungan sekitar pada Kamis.

Bantuan dengan total nilai sebesar Rp247 Juta merupakan komitmen PLN untuk berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan dalam bidang pendidikan dan kewirausahaan.

Bantuan tersebut merupakan sinergi antara PLN unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat dan PLN UIK SBS – UPK Bukittinggi.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Agam Andri Warman beserta jajaran forkopimda, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau Zulkifli, Pengajar dan siswa/siswi dari SMA Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau.

Dari PLN hadir pula GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo beserta jajaran, MUP3 Bukittinggi Zulhamdi beserta jajaran, serta MULP Lubuk Basung Gatot Catur beserta tim.

GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo menuturkan terdapat 3 jenis program bantuan yang diserahkan pada hari ini, diantaranya bantuan peralatan pendidikan kewirausahaan kepada siswa/siswi SMAN 1 Tanjung Raya Maninjau sebesar Rp50 Juta Rupiah.

Bantuan Kelompok Usaha Ekonomi Produktif Kopi Sachet di Nagari Duo Koto sebesar Rp70 juta dari PLN UIKSBS - UPK Bukittinggi, serta bantuan Pengadaan Tempat Penampungan Sementara Sampah 3R Tahap I di Nagari Duo Koto Senilai Rp127 juta.

“Harapan kami bantuan ini dapat memberi dampak signifikan terhadap perbaikan lingkungan sekitar,” ungkap Toni.

Bupati Agam Andri Warman, menyatakan apresiasi atas kolaborasi mulia PLN sehingga menghasilkan manfaat bagi lingkungan.

“Pendidikan adalah salah satu penopang dalam upaya mencerdaskan kehidupan anak bangsa sebagaimana tujuan dan cita-cita negara. Kami sangat bersyukur PLN peduli akan hal tersebut. Belum lagi upaya untuk meningkatkan keterampilan para wirausahawan. Semoga sumbangsih sekecil apapun dapat berkontribusi dalam pertumbuhan masyarakat di Kabupaten Agam, baik pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan pendidikan, maupun perbaikan lingkungan,” imbuhnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung Raya Maninjau, Zulkifli dalam sambutannya menyatakan ungkapan terima kasih pada PLN.

“Komitmen PLN melalui program TJSL ini sangat membantu anak-anak dan pelaku UMKM disini. Ini akan mendorong penerima manfaat agar lebih produktif ke depan, harus digunakan semaksimal mungkin,” imbuh Zulkifli.

Hadirnya bantuan TJSL diharapkan dapat menunjang kegiatan warga sekitar untuk menopang sektor pendidikan, UMKM dan lingkungan. Melalui program TJSL berkelanjutan, diharapkan dapat mewujudkan misi peningkatan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat, sekaligus membangun masyarakat yang mandiri dan sejahtera.