Persiapan Pacu Kuda Bank Nagari Open Race 2022 di Payakumbuh capai 95 persen

id Dasril,Pordasi Payakumbuh,berita sumbar,Pacu Kuda Bank Nagari Open Race 2022

Persiapan Pacu Kuda Bank Nagari Open Race 2022 di Payakumbuh capai 95 persen

Sekretaris Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Dasril. (Antara/Dokumentasi Pribadi)

Payakumbuh, (ANTARA) - Sekretaris Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Dasril memastikan persiapan pelaksanaan Pacu Kuda Bank Nagari Open Race 2022 di daerah itu sudah mencapai 95 persen.

"Persiapan dari panitia untuk pelaksanaan kegiatan pacu kuda sudah mencapai 95 persen, baik itu lintasan dan lainnya. Tinggal detail-detail kecil yang harus dipastikan selesai," kata Dasril di Payakumbuh, Jumat.

Pelaksanaan pacu kuda di Kota Payakumbuh hanya akan digelar selama sehari di Galanggang Kubu Gadang, Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Minggu (20/2). Ditetapkannya pelaksanaan pacu kuda tanpa penonton setelah Kota Payakumbuh masuk dalam level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selain itu, terkait pelaksanaan pacu kuda tanpa penonton panitia bersama dengan aparat kepolisian juga telah berkoordinasi sehingga yang dapat masuk hanya yang berkepentingan atau yang telah diizinkan.

"Sesuai dengan hasil rapat bersama Wali Kota payakumbuh yang merupakan Ketum Pordasi Payakumbuh dan Kapolres Payakumbuh yang ada di lokasi hanya komponen berkuda seperti joki, manajer, pelatih, dokter kuda, anak kuda dan pemilik kuda," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa komponen berkuda yang nantinya dapat hadir hanya yang telah mengikuti vaksinasi COVID-19.

"Di lokasi nantinya panitia akan memeriksa data siapa saja yang hadir di lokasi karena nantinya akan ada scan barcode aplikasi peduli lindungi yang disediakan di pintu masuk lapangan pacuan," ujarnya.

Dia berharap agar nantinya pelaksanaan pacu kuda ini dapat berjalan dengan lancar sehingga nantinya seluruh peserta yang berasal dari berbagai daerah tidak kecewa.

"Kuda dari luar daerah sudah berada di Payakumbuh dari beberapa waktu lalu dan sudah siap untuk berlaga. Semoga nanti semuanya dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pordasi Payakumbuh yang juga merupakan Tim Banggar DPRD Payakumbuh, Mustafa mengatakan bahwa pada 2023 pihaknya akan menyediakan anggaran Rp200 juta untuk Pordasi.

"Pacu kuda memang menjadi salah satu iven yang dinantikan oleh masyarakat Kota Payakumbuh. Sehingga kita harus memberikan dukungan untuk ini, InsyaAllah di 2023 dianggarkan Rp200 juta untuk Pordasi," ungkapnya. (*)