Sumbar tuan rumah Kejurnas Pacu Kuda Pordasi 2023

id Pordasi, kejurnas pacu kuda 2023,sumbar, mahyeldi

Sumbar tuan rumah Kejurnas Pacu Kuda Pordasi 2023

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyambut antusias pelaksanaan Kejurnas Pacu Kuda Pordasi di daerah itu. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacu Kuda Pordasi seri I dan II yang akan digelar di Sawahlunto.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi), Triwatty Marciano di Padang, Senin, mengatakan untuk Kejurnas Pacuan Kuda seri I, saat ini tahapannya sudah dimulai.

"Pendaftarannya telah ditutup pada 8 Juli 2023. Babak penyisihan akan dilaksanakan pada 16 Juli dan final-nya diselenggarakan 30 Juli 2023," katanya.

Sementara untuk seri II, akan diselenggarakan pada akhir Agustus hingga awal September 2023. Untuk seri ini tahapan pendaftaran akan ditutup pada 12 Agustus dilanjutkan babak penyisihan pada 20 Mei dan final pada 3 September 2023.

Ia mengatakan untuk seri II sekaligus akan menjadi babak kualifikasi untuk PON 2024.

"PP Pordasi telah sepakat menjadikan seri II, sebagai babak kualifikasi PON 2024. Sehingga menjadi suatu keharusan bagi provinsi yang ingin mengikuti PON untuk hadir di Sumbar," katanya.

Ia bahkan menyebut, untuk babak final seri II nanti, pihaknya sedang berupaya untuk bisa menghadirkan Presiden Joko Widodo ke Sumbar.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menyambut baik penyelenggaraan Kejurnas Pacuan Kuda di Sumbar. Ia menilai itu bisa mendukung upaya Pemprov Sumbar meningkatkan angka kunjungan wisata ke daerah itu.

"Kegiatan ini, bisa mendukung program Visit Beautiful West Sumatera 2023 yang telah kita gagas beberapa waktu yang lalu. Kita sangat berterima kasih kepada PP Pordasi untuk itu," katanya.

Selain berdampak terhadap sektor pariwisata, menurutnya itu juga akan berpengaruh positif untuk perekonomian masyarakat karena bisa mendatangkan banyak orang ke Sumbar.

"Kita sangat mendukung penyelenggaraan berbagai kegiatan tingkat nasional di Sumbar," ujar Mahyeldi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sumbar tuan rumah Kejurnas Pacu Kuda Pordasi 2023