Pelantikan RT RW di Bukittinggi dibatalkan warga unjuk rasa

id berita bukittinggi,berita sumbar,rt

Pelantikan RT RW di Bukittinggi dibatalkan warga unjuk rasa

Pelantikan RT RW di Kelurahan Ladang Cakiah Bukittinggi batal karena keberatan warga. (Antarasumbar/Dokumen Pribadi.)

Misalnya, menukar struktur pengurus organisasi kemasyarakatan tanpa melalui musyawarah,
Bukittinggi (ANTARA) - Puluhan warga Kelurahan Ladang Cakiah, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat melakukan aksi unjuk rasa karena keberatan dengan rencana pelantikan Ketua RT RW di daerah setempat, Jumat.

Acara pelantikan itu kemudian batal terlaksana, masyarakat yang melakukan aksi keberatannya mengatakan pihak Kelurahan menyalahi prosedur dan tidak bermusyawarah terlebih dahulu.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ladang Cakiah, Yerri Amiruddin Datuk Rangkayo Batuah menyebut unjuk rasa itu didasari banyaknya kebijakan Lurah yang membuat masyarakat terpecah.

"Misalnya, menukar struktur pengurus organisasi kemasyarakatan tanpa melalui musyawarah, kemudian menunjuk dan menetapkan Ketua RT dan RW secara sepihak, memang Pak Lurah hanya memfasilitasi, tapi tim kepanitiaan yang dibentuk tidak melibatkan tokoh masyarakat dan ninik mamak,” kata Yerri Amirudrin di Bukittinggi, Jumat.

Menurutnya, sejumlah nama calon RT dan RW yang rencananya akan dilantik terindikasi menyalahi Perda Kota Bukittinggi Nomor 11 tahun 2016 tentang Lembaga Kemasyarakatan di Kelurahan.

“Untuk menjadi Ketua RT itu dalam Perda diatur bahwa tidak boleh menjabat di lembaga kemasyarakatan lain, dan bukan anggota Partai Politik, ada sebagian yang akan dilantik itu kader partai, ada pula sosok yang merangkap jabatan lembaga lain di kelurahan,” kata dia.

Yerri Amiruddin juga menyebut sebagian masyarakat sebelumnya merasa tersinggung dengan kepemimpinan lurah dalam membuat kebijakan.

“Tatakrama bakampuang ba nagari tidak dipahami dengan baik oleh Pak Lurah sejak beliau dilantik tiga bulan lalu, musyawarah nyaris tidak ada, sementara kebijakan terus saja ada yang baru,” tegasnya.

Sementara Camat Aur Birugo Tigo Baleh, Nadiatul Khairiah yang hadir langsung di Kantor Lurah Ladang Cakiah untuk menjadi penengah antara warga dan kelurahan membenarkan pihaknya telah menampung aspirasi itu.

“Ada kesalahfahaman, kita dari kecamatan akan berkantor di Kelurahan Ladang Cakiah untuk sementara waktu hingga masalah ini terselesaikan secara baik dan kekeluargaan tentunya," kata Nadiatul.

Ia mengatakan pergantian RT RW secara pemilihan suara langsung belum begitu bisa diterima masyarakat saat ini yang sebelumnya lebih mengedepankan sistem musyawarah mufakat.

"Memang warga belum siap untuk dilakukan pemilihan langsung atau sosialisasi ini yang tidak maksimal dilakukan pemerintah kelurahan, kita minta selanjutnya lurah lebih rajin turun ke lapangan untuk sosialisasi dan menjemput aspirasi warganya," kata Nadia.

Nadia menegaskan tidak ada kekerasan dan aksi berlebihan dari warga saat melakukan aksi unjuk rasa tersebut.

"Alhamdulillah semua baik-baik saja, tidak ada kekerasan dan semacamnya, selanjutnya kami akan bermusyawarah dengan perwakilan masyarakat untuk melakukan evaluasi dan seleksi kembali perangkat RT RW di Kelurahan Ladang Cakiah," kata Nadia menutupi.