Peran MBSA sosialisasikan pentingnya vaksinasi COVID-19 pada masyarakat Padang Utara

id Pengabdian masyarakat Unbrah, STKIP

Peran MBSA sosialisasikan pentingnya vaksinasi COVID-19 pada masyarakat Padang Utara

MBSA sosialisasikan pentingnya vaksinasi COVID-19 pada masyarakat Padang Utara.   (ANTARA/Tim Pengabdian masyarakat)

Padang (ANTARA) - Masih adanya keengganan masyarakat disuntik vaksin guna mencegah penyebaran Covid-19 memaksa seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah meyakinkan warga tentang pentingnya upaya preventif tersebut, tidak terkecuali dari perguruan tinggi.

Dalam hal ini civitas akademika dari kampus melalui Tridharma Perguruan Tinggi , melakukan upaya ekstra guna meyakinkan warga masyarakat untuk divaksin

Seperti halnya di Kota Padang, Sumbar, perguruan tinggi yang ada di wilayah tersebut turut andil dalam upaya tersebut salah satunya melalui kegiatan sosialisasi.

Hal ini yang dilakukan oleh dosen dari Universitas Baiturrahamah dan STKIP Nasional melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan menggelar sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Kecamatan Padang Utara.

Kegiatan sosialisasi ini dikemas menjadi Medical Baiturrahmah Social Action (MBSA) yang mengambil tema “1001: Build a Better World With Real Action”.

Kegiatan ini yang dilaksanakan oleh dua orang dosen Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah, Ibu Sri Wahyuni sebagai ketua dan anggota yang terdiri atas Rika Amran, Rinita Amelia serta Rindilla Antika, dosen dari STKIP Nasional.

Selain kegiatan sosialisasi, pada acara MBSA ini, mahasiswa dan mahasiswi Universitas Baiturrahmah juga melaksanakan edukasi kesehatan pada lansia, penderita hipertensi, dan penyakit tidak menular.

Mahasiswa ini juga melakukan pemeriksaaan hipertensi, diabetes melitus, dan kolesterol, serta skrinning kesehatan bagi lansia.
MBSA sosialisasikan pentingnya vaksinasi COVID-19 pada masyarakat Padang Utara. (ANTARA/Tim Pengabdian masyarakat)
Kegiatan MBSA ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian Universitas Baiturrahmah terhadap masyarakat Kota Padang seperti masyarakat di Kecamatan Padang Utara.

Dengan adanya kegiatan MBSA ini dan dilaksanakannya pengabdian pada masyarakat, diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat dan juga bagi dosen dan mahasiswa dalam mengamalkan ilmu yang telah didapatkan di kampus.

Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat di Kecamatan Padang Utara yang mana terlihat banyaknya warga yang ingin memeriksakan kesehatan dan melakukan skrinning penyakit.

Selanjutnya tim berharap agar kegiatan ini dapat terlaksana secara berkesinambungan agar tercipta masyarakat yang sadar dan peduli dengan kesehatan.

Penulis : Tim pengabdian masyarakat (Sri wahyuni, Rika amran, Rindilla Antika dan Rinita Amelia), Rendri Bayuhansah.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2022