Kementerian PDT Sosialisasi Puskesmas Perairan di Mentawai

id Kementerian PDT Sosialisasi Puskesmas Perairan di Mentawai

Tuapejat, (Antara) - Deputi Pengembangan Sumber Daya Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal melakukan sosialisasi bantuan stimulan puskesmas keliling perairan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatan angka harapan hidup di daerah tertinggal, karena pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan pokok masyarakat," kata Priono, Deputi Pengembangan Sumber Daya Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, di Tuapejat Rabu.

Menurut dia, kegiatan tersebut ditujukan untuk menanggulangi kemiskinan, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu dan memerangi HIV dan AIDS.

"Ini menjadi kegiatan prioritas Kementerian PDT yang merupakan rangkaian prioritas dalam mencapai tujuan pembangunan nasional yaitu daerah tertinggal, terdepan dan daerah terluar," sebut dia.

Dia mengatakan, kesehatan merupakan prioritas utama dalam memajukan daerah itu merupakan langkah meningkatkan derajat masyarakat melalui berbagai macam pendekatan.

"Untuk daerah Mentawai berdasarkan laporan dari peserta sosialisasi ini memang masih terkendala keterbatasan tenaga dokter dan untuk mengatasi itu kami akan mengkoordinasikannya kepada kementerian terkait," ujar dia.

Sementara itu, kata dia, selain mengupayakan ketersediaan tenaga dokter, Kementerian PDT juga harus terus berupaya melakukan peningkatan seperti dengan program desa sehat.

"Program desa sehat ini nantinya akan didukung dengan berbagai sarana penunjang seperti dengan kapal yang akan di operasikan sebagai puskesmas keliling," terang dia.

Dia berharap dengan akan datangnya bantuan kapal yang berfungsi sebagai puskesmas keliling tersebut akan dapat membantu peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat yang sampai saat ini masih terkendala oleh jauhnya akses kesehatan dan keterbatasan sarana transportasi. (**/lid)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar