LLDIKTI-X lakukan monitoring dan evaluasi pada PTS terkait penerima KIP Kuliah

id berita padang,berita sumbar,dikti

LLDIKTI-X lakukan monitoring dan evaluasi pada PTS terkait penerima KIP Kuliah

Tim monitoring dari LLDIKTI Wilayah X saat memberikan paparan terkait Program KIP Kuliah di depan penerima KIP Kuliah dan Pimpinan PTS di Universitas Islam Indragiri. (Antarasumbar/HO-Humas LLDIKTI)

Kegiatan ini juga untuk memastikan bahwa penerima KIP Kuliah itu benar-benar orang yang berhak menerimanya,
Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X melakukan monitoring dan evaluasi pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkait penerima program KIP Kuliah yang dimulai selama Desember 2021.

Kepala LLDIKTI Wilayah X, Prof Dr Herri, MBA, di Padang, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka pengawasan, pengendalian, dan pembinaan terhadap PTS pelaksana Program Indonesia Pintar KIP Kuliah Merdeka di Wilayah X.

"Kegiatan ini juga untuk memastikan bahwa penerima KIP Kuliah itu benar-benar orang yang berhak menerimanya, jadi kami ingin tau siapa penerima yang telah ditetapkan oleh PTS yang bersangkutan," ucapnya.

Ia berharap penerima KIP tersebut adalah orang-orang yang benar membutuhkan, dan untuk memastikan layak atau tidaknya pihaknya juga mengunjungi rumah penerima program tersebut.

"Apabila setelah kita tinjau ternyata tidak layak, maka akan kami berikan pada mahasiswa lain yang lebih membutuhkan. Akan tetapi, menurut pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya semua penerima layak untuk mendapatkan program tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengemukakan dalam pertemuan dengan PTS, juga disampaikan tentang pengelolaan dana KIP Kuliah serta diberitahukan bahwa PTS tidak boleh menarik apapun dari mahasiswa penerima program.

Ia menyampaikan, sebelum kegiatan dilakukan, Tim Monitoring Evaluasi akan menginformasikan PTS yang akan dikunjungi.

Ia berharap PTS yang dikunjungi dapat menghadirkan Pimpinan Perguruan Tinggi atau Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang III (Kemahasiswaan) serta mahasiswa penerima program KIP Kuliah Merdeka 2021.

Hingga saat ini, tercatat jumlah penerima KIP Kuliah 2021 untuk wilayah Sumatera Barat sebanyak 6.828 orang, sedangkan untuk bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebanyak 4.318 orang.

Sedangkan, untuk Provinsi Riau, tercatat 5.582 orang penerima KIP Kuliah dan 3.075 penerima bantuan UKT.

Untuk Provinsi Jambi ada sebanyak 2.200 orang penerima KIP Kuliah dan 1.546 orang penerima bantuan UKT.

Untuk Provinsi Kepulauan Riau tercatat sebanyak 649 orang penerima KIP Kuliah dan 1.281 orang menerima bantuan UKT.