PIK-R punya peran penting wujudkan generasi berencana

id PKK, Padangpanjang,PIK-R, genre

PIK-R punya peran penting wujudkan generasi berencana

Bunda GenRe (Generasi Berencana), dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP foto bersama dengan peserta Apresiasi PIK-R. (ANTARA/Fira)

Padang Panjang (ANTARA) - Bunda GenRe (Generasi Berencana), dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP menyebutkan, keberadaan dan peranan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di lingkungan remaja sangat penting artinya dalam membantu mereka untuk memperoleh informasi dan pelayanan konseling yang cukup dan benar tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Hal itu disampaikan Dokter Dian saat membuka kegiatan Apresiasi PIK-R Kota Padang Panjang di Aula Mifan, Rabu (13/10).

Acara bertema "Berencana itu Keren" tersebut diikuti perwakilan pelajar SLTP se-Kota Padang Panjang.

Dikatakan Dian, ada beberapa persoalan remaja yang menjadi perhatian masyarakat saat ini. Seperti hubungan sex bebas, LGBT, HIV/AIDS.

“Kita harus bersama-sama mengatasi masalah ini. Agar bisa menghasilkan generasi yang berkualitas bagi bangsa Indonesia di masa depan,” ucapnya.

Bunda Genre memberikan apresiasi semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini, sehingga jadi media edukasi bagi remaja untuk membantu dan membina remaja menyiapkan masa depannya terutama dalam perencanaan kehidupan berkeluarga.

"Manfaatkanlah momentum ini untuk mengasah semua potensi diri dan menjalin persaudaraan serta merespon permasalahan-permasalahan yang terjadi pada remaja. Jadilah harapan Kota Padang Panjang, menjadi generasi emas yang tangguh dan siap menghadapi tantangan masa depan," harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Zikril Husna menyebutkan, PIK-R adalah wadah kegiatan Program GenRe yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja, guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja, serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

GenRe Padang Panjang, sebutnya, sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak terkait, seperti BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Dinas Sosial PPKBPPA Kota Padang Panjang, khususnya Bunda GenRe Kota Padang Panjang. Sehingga selalu ada ruang bagi GenRe untuk berkreativitas.

"Ini iven pertama yang diadakan GenRe Padang Panjang, dengan tujuan untuk membangkitkan semangat dan menjalin komunikasi serta membangun sinergisitas agar semua insan GenRe bisa melakukan aksi nyata," ucapnya.

Semoga, katanya lagi, mimpi GenRe mewujudkan Kota Padang Panjang yang berkualitas, loyalitas dan terencana, dapat diraih melalui hadirnya Forum GenRe dan PIK-R yang ada di kota ini.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2021