"Counter" Kodim O312 Padang pada informasi negatif di medsos

id berita padang,berita sumbar,kodim

"Counter" Kodim O312 Padang pada informasi negatif di medsos

Pasipers Kodim 0312, Mayor Kav. Sukri di Padang. (Antarasumbar/Dokumen Pribadi)

Contohnya ada isu tawuran yang disebabkan oleh perbedaan pemahaman, kami menjelaskan keadaan yang sebenarnya pada masyarakat secara jelas melalui berita baru dan bukti yang baru,
Padang (ANTARA) - Kodim 0312 Padang berupaya menangkal segala informasi negatif di media sosial yang berpotensi mendorong generasi muda untuk berbuat anarkis dan separatis.

"Dalam istilah militernya kami namakan counter, begitu kami dapatkan berita yang negatif tentu kami juga akan klarifikasi dengan membuat berita yang positif," kata Pasipers Kodim 0312, Mayor Kav. Sukri di Padang, Selasa.

Ia mengatakan berita yang positif dibuat dengan menunjukkan bukti-bukti yang dapat melemahkan informasi negatif tersebut sehingga tidak memicu timbulnya perbuatan tersebut.

"Contohnya ada isu tawuran yang disebabkan oleh perbedaan pemahaman, kami menjelaskan keadaan yang sebenarnya pada masyarakat secara jelas melalui berita baru dan bukti yang baru," ucapnya.

Menurut dia, untuk Kota Padang sejauh ini relatif kondisinya aman dari informasi negatif yang dapat memicu perbuatan anarkis, sebab masyarakatnya telah bersinergi dengan pemuka adat, instansi pemerintah, dan aparat keamanan.

Lebih lanjut, ia mengemukakan perbuatan anarkis generasi muda tidak hanya bisa dipicu oleh informasi negatif tapi juga dari salah pergaulan seperti memakai narkoba.

"Seperti kita ketahui bersama bahwa Sumbar adalah salah satu penyebar narkoba terbesar di Indonesia termasuk pemakainya," ujar dia.

Dengan pengaruh narkotika ini, lanjutnya banyak pemuda yang kadang-kadang menjadi malas kemudian sering terjadi tawuran dan yang paling sering dilihat pada saat sekarang ini adalah balap liar.

Ia mengatakan jika TNI bersama Forkopimda, Satpol PP dan Kepolisian telah berupaya berperan aktif guna menekan kegiatan balap liar.

Menurut kegiatan balap liar terjadi di beberapa titik di Kota Padang dan terjadi dimalam hari, namun bila dilakukan patroli maka mereka segera membubarkan diri dan kegiatan tersebut bisa diantisipasi dengan baik.