Kepatuhan pelanggan PAM Tirta Sago bayar tagihan tepat waktu meningkat

id pam tirto sago

Kepatuhan pelanggan PAM Tirta Sago bayar tagihan tepat waktu meningkat

Sekda Payakumbuh Rida Ananda didampingi Direktur Utama PAM Tirta Sago Kota Payakumbuh Khairul Ikhwan dan Direktur Umum Asrar saat menyerahkan reward kepada pelanggan. (Antara/HO-PAM Tirta Sago Payakumbuh)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mencatat dalam setahun terakhir terdapat peningkatan kepatuhan dari pelanggan untuk membayar rekening atau tagihan tepat waktu.

Direktur Utama PAM Tirta Sago Payakumbuh Khairul Ikhwan di Payakumbuh, Selasa, mengatakan bahwa berdasarkan audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) persentase pembayaran tagihan atau rekening dari pelanggan saat ini telah mencapai 97 persen.

"Angka ini akan terus kita optimalkan, yang tiga persen dari sekitar 32.000 pelanggan ini akan kita dorong untuk membayarkan rekeningnya sehingga dapat meminimalisir tunggakan," kata dia didampingi Direktur Umum Asrar.

Meski begitu, sambungnya total tunggakan dari beberapa tahun terakhir yang belum menjadi pendapatan dari PAM Tirta Sago mencapai angka Rp4 miliar.

"Disini kita bekerja sama dengan pihak kejaksaan dan kepolisian untuk menjadikan tunggakan ini menjadi pendapatan kita dan angka ini terus berangsur," ujarnya.

Bahkan, pihaknya juga mengapresiasi meningkatnya pelanggan yang membayar lebih awal atau sebelum tanggal lima setiap bulannya yang mencapai 368 pelanggan.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu, pelanggan yang membayar rekening lebih awal itu hanya sekitar 120-an. Alhamdulillah ini meningkat dari sebelumnya," ungkapnya.

Menurutnya, salah satu faktor yang membuat meningkatnya pelanggan membayar tagihan di awal ini karena adanya reward atau hadiah yang disiapkan oleh pihaknya dengan cara diundi pada peringatan Hari Jadi PAM Tirta Sago tersebut.

"Kami bersyukur karena tujuan kami untuk memberi reward ini sebagai pemancing makin banyak pelanggan kita yang membayar tagihan lebih awal ini dapat tercapai. Semoga pelaksanaan tahun ini nantinya juga dapat meningkat," katanya.

Ia mengatakan dalam meningkatkan kesadaran dari pelanggan untuk membayar tagihan tepat waktu adalah dengan mempermudah dan memperbanyak pilihan untuk membayar tagihan.

"Kita sudah bekerja sama dengan Bank Nagari dan Bank Syariah Indonesia untuk dapat membayar tagihan melalui ATM dan mobile banking. Kami juga telah menjajaki kerja sama dengan pihak-pihak perbankan dan PT Pos Indonesia," ujarnya.