Pemerintah Nagari Koto Rawang Pesisir Selatan maksimalkan vaksinasi lansia

id vaksinasi lansia ,Nagari Koto Rawang,berita Pesisir Selatan,Pesisir Selatan terkini,berita sumbar

Pemerintah Nagari Koto Rawang Pesisir Selatan maksimalkan vaksinasi lansia

Salah seorang warga lansia sedang divaksin di Nagari Koto Rawang Pesisir Selatan. (Antara Sumbar/HO Diskominfo Pesisir Selatan)

Painan, (ANTARA) - Pemerintah Nagari Koto Rawang, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, memaksimalkan vaksinasi COVID-19 terhadap warga lanjut usia (lansia) yang ada di daerah setempat.

"Kami menargetkan vaksinasi di Koto Rawang terlaksana dengan maksimal, termasuk terhadap warga lansia," kata Wali Nagari Koto Rawang, Derijol di Painan, Selasa.

Ia menyebut, pihaknya memilih langkah tersendiri dalam menyukseskan vaksinasi terhadap lansia, yakni dengan memberi pemahaman kepada yang bersangkutan, dan juga keluarganya.

"Banyak yang menyebut bahwa vaksinasi terhadap lansia berisiko besar terhadap kesehatan mereka, namun itu hanya terjadi kepada sebagian kecil lansia, dan banyak juga yang tidak begitu, pemahaman inilah yang kami sampaikan kepada mereka," katanya lagi.

Selain berkomunikasi kepada lansia, komunikasi dengan keluarga terdekatnya juga penting, karena rata-rata para lansia lebih terbuka, dan percaya kepada keluarga terdekatnya.

"Sejauh ini hasilnya memuaskan, lebih dari 100 warga lansia di Koto Rawang telah divaksin," ungkapnya.

Ia menjelaskan, banyak keuntungan bagi mereka yang divaksin, salah satunya ialah memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding mereka yang belum divaksin.

Sehingga lanjutnya, ketika mereka yang telah divaksin terpapar COVID-19, maka dampak yang mereka rasakan tidak separah mereka yang belum divaksin.

Hanya saja khusus bagi lansia yang telah divaksin, ia menekankan agar mereka benar-benar beristirahat setelah divaksin, sehingga kesehatannya tetap terjaga, dan tidak merasakan demam, meriang, dan lainnya seperti dampak umum setelah seseorang divaksin. (*)