Mendadak dapat kiriman dana dari pinjaman online, ini cara menghadapinya menurut OJK

id pinjaman online

Mendadak  dapat kiriman dana dari  pinjaman online, ini cara menghadapinya menurut OJK

Ilustrasi pinjaman online (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Beberapa waktu lalu viral di media sosial seorang netizen yang menceritakan pengalamannya saat tiba-tiba mendapatkan kiriman dana dari pinjaman online. Tidak tanggung-tanggung, warganet tersebut mendapatkan transferan dana sebesar jutaan rupiah tanpa alasan atau penyebab yang jelas.

Hal tersebut tentu saja sontak membuat siapa saja yang mengalaminya merasa kaget dan takut. Bagaimana jika ia secara sepihak menjadi nasabah pinjaman uang online bodong yang terkenal memiliki tingkat bunga dan denda keterlambatan mencekik? Jika tiba-tiba mengalami penagihan, bukankah dana yang harus dikembalikan akan melonjak tajam dibandingkan dengan dana yang dikirimkan?

Menanggapi hal itu Ketua Satuan Petugas Waspada Investasi OJK, Tongam L Tobing menyampaikan beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat yang mengalami kasus serupa. Tidak perlu panik, langkah aman untuk menyiasati pinjaman online yang mendadak mengirimkan dana tanpa alasan dan tujuan yang jelas sangat mudah dilakukan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Simpan Dana yang Dikirim Tersebut dan Jangan Pernah Digunakan untuk Keperluan Apapun

Modus yang dilakukan oleh pinjaman online ilegal dalam menjerat korbannya sangat beragam. Oleh karena itu, masyarakat diwanti-wanti untuk selalu waspada dan tak lengah saat berurusan dengan layanan tersebut.

Ketika mendapatkan kiriman dana tanpa sebab oleh pinjaman online ilegal atau orang tak dikenal, hal yang perlu dilakukan adalah menyimpan dana tersebut dan tak menggunakannya untuk keperluan apapun. Hal ini bertujuan agar Anda tak kerepotan saat tiba-tiba mendapat penagihan karena uangnya sudah dipakai untuk suatu urusan. Jadi, karena dananya tak tersentuh, Anda bisa langsung mengembalikannya saat ditagih oleh pengirimnya.

Sampaikan Kesediaan untuk Segera Mengembalikan Dana Tersebut Sepenuhnya

Selain tak menggunakan dana kiriman tersebut, usahakan pula untuk menyampaikan kesediaan mengembalikan uang tersebut secara penuh atau sesuai nominal yang dikirim dengan segera. Sampaikan pula bahwa Anda merasa tak pernah melakukan pengajuan pinjaman online pada layanan tersebut dan ingin segera menyelesaikannya dengan baik-baik. Jika tidak ada respon yang diberikan oleh pihak pengirim, tetap jaga uang tersebut dan tak menggunakannya.

Lakukan Pemblokiran Nomor Kontak Jika Terjadi Penagihan Tak Beretika

Setelah melakukan kedua hal di atas, masalah kiriman dana secara mendadak oleh pinjol ilegal tersebut mungkin akan langsung terselesaikan. Akan tetapi, ada kalanya pihak pinjaman online ilegal tetap bersikukuh untuk melakukan penagihan dana tersebut. Jika hal tersebut terjadi dan proses penagihan dilakukan dengan cara tak beretika serta terindikasi mengandung ancaman dan teror, jangan pikir dua kali untuk memblokir nomor tersebut. Bila perlu, untuk sementara waktu, pasang pengaturan pada ponsel untuk memblokir pesan atau SMS yang dikirim oleh nomor kontak tak dikenal. Hal ini perlu dilakukan karena biasanya oknum pinjaman online ilegal terus berganti nomor telepon dan mengganggu korbannya.

Informasikan Masalah Tersebut ke Seluruh Nomor Kontak yang Tersimpan pada Ponsel Selain melakukan pemblokiran nomor, Anda juga perlu memberitahukan masalah tersebut ke seluruh nomor kontak yang tersimpan pada ponsel. Alasannya karena tak menutup kemungkinan pihak pinjol ilegal telah mengantongi informasi pribadi yang tersimpan pada perangkat Anda. Agar tak menimbulkan salah paham dan berbuntut ke masalah lainnya, hal ini perlu dilakukan dengan segera.

Jika ada rekan, keluarga, atau relasi yang merasa terganggu dengan SMS atau telepon yang dilakukan oleh oknum tersebut, sampaikan untuk segera memblokir nomor tersebut. Dengan begitu, masalah ini bisa diredam dan tak sampai mengganggu aktivitas keseharian Anda dan juga relasi.

Buat Laporan ke Kepolisian Jika Penagihan Masih Terus Dilakukan Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat laporan ke pihak kepolisian. Lampirkan nomor telepon penagih yang masih kerap muncul dan mengganggu Anda. Informasikan pula bahwa Anda tidak merasa pernah melakukan pengajuan pinjol pada layanan tersebut. Dengan begitu, pihak kepolisian dapat melakukan tindakan lebih lanjut dan bekerja sama dengan OJK untuk menutup aktivitasnya.

Lakukan Langkah yang Tepat agar Tak Menjadi Mangsa Pinjaman Online Ilegal

Itulah hal yang bisa dilakukan saat secara mendadak menerima kiriman dana dari pinjaman online ilegal atau orang tak dikenal. Pastikan semua langkah tersebut Anda lakukan agar pihak pinjol ilegal tak terus mengganggu kehidupan Anda dan orang-orang yang dikenal.