Pastikan listrik andal, GM PLN Sumbar susuri aset distribusi ULP Sicincin

id PLN, GM, listrik andal, K3L

Pastikan listrik andal, GM PLN Sumbar susuri aset distribusi ULP Sicincin

GM PLN Sumbar susuri aset distribusi ULP Sicincin untuk memastikan listrik andal. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Komitmen untuk menjaga keandalan terus dipegang oleh PLN, salah satunya terlihat saat GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo melakukan walk down Care for Asset (C4A) pada 20 Agustus 2021 di wilayah kerja ULP Sicincin.

Rombongan GM didampingi oleh Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sicincin Ujang Bakri beserta tim, Pejabat Pengendali K3L dan Keamanan (DALK3) Misran Hasra serta tim ROW ULP Sicincin yang menyusuri aset distribusi di daerah setempat.

GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo menuturkan kegiatan penyusuran aset ini penting dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dan pengawasan terhadap jaringan listrik milik PLN.

Pada setiap kegiatan C4A Manajemen PLN rutin memeriksa aset-aset distribusi Penyulang, seperti Gardu Hubung (GH), seluruh section penyulang, recloser, dan lainnya.

Setelah melakukan penelusuran ke lapangan terdapat beberapa poin penting untuk ditindaklanjuti, sebagai bahan perbaikan kedepan.

“Penyusuran terhadap aset baik penyulang dll penting untuk menjaga keandalan sekaligus meningkatkan pelayanan ke depan. Dengan melakukan inspeksi jaringan, kita dapat mengelompokan jaringan mana saja yang butuh ditindak lanjuti segera, sehingga keandalan sistem kelistrikan akan tetap terjaga. Terlebih saat cuaca tidak menentu seperti ini, usaha dan pengawasan terhadap aset harus ekstra,” sebutnya.

Toni juga menyebutkan peran penting tim row untuk meminimalisir gangguan pada jaringan. Tim row harus rutin dan berkerja cepat dalam melakukan pemangkasan kepada dahan pohon yang mengenai jaringan listrik PLN.

Selain itu, penting untuk menggelar sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya beraktivitas di sekitar jaringan listrik.

“Melalui kegiatan C4A kita dapat mengetahui kondisi dan celah gangguan dilapangan sehingga performa setiap aset dapat terkontrol baik dan dapat beroperasi dengan maksimal,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Pejabat Pengendali K3L dan Keamanan (DALK3) Misran menyampaikan sosialisasi untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati dalam bekerja.

“Setiap petugas yang melakukan kegiatan atau pekerjaan harus dalam kondisi fisik sehat dan selalu memakai APD lengkap untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja,” ungkapnya.

Kegiatan C4A adalah salah satu upaya PLN untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memaksimalkan kualitas aset jaringan.

Ke depan PLN berharap gangguan listrik berkurang signifikan sehingga seluruh pelanggan menikmati listrik dengan nyaman tanpa padam.

GM PLN Sumbar susuri aset distribusi ULP Sicincin untuk memastikan listrik andal. (ANTARA/HO-PLN)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2021