Bupati berharap melalui GM EKI di Nagari Sumpur tingkatkan ekonomi masyarakat

id Bank Nagari,GM EKI Nagari,Eka Putra, Bupati Tanah Datar

Bupati berharap melalui GM EKI di Nagari Sumpur tingkatkan ekonomi masyarakat

Bupati Tanah Datar Eka Putra saat memberikan sambutan pada pada Kick Off EKI di Wilayah Pedesaan di Nagari Sumpur, Kamis (22/6). (Antara/HO) 

Padang (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Eka Putra berharap melalui Generic Model Ekosistem Keuangan Inklusif (GM EKI) di Nagari Sumpur dapat meningkatkan perekonomian, ditunjukan dengan adanya Peningkatan Indeks Membangun (IDM).

"Saya berharap Nagari yang ditunjuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi Generic Model Ekosistem Keuangan Inklusif (GM EKI) di wilayah pedesaan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Bupati Eka Putra pada Kick Off EKI di Wilayah Pedesaan di Nagari Sumpur, Kamis (22/6).

Dia berharap kegiatan GM EKI di Nagari Sumpur tersebut dapat terlaksana secara berkesinambungan dengan dukungan OJK.

Melalui kegiatan tersebut juga akan mempermudah akses keuangan yang manfaatnya akan dirasakan masyarakat Tanah Datar.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut juga berhubungan dengan salah satu program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Tanah Datar yang mendukung ketahanan pangan.

Yakni Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), Asuransi Usaha Ternak Sapi atau Kerbau (AUTS/K) serta program layanan bajak gratis.

Terkait dengan pemberdayaan UMKM, Pemkab Tanah Datar telah melaksanakan program kerja pemberian kredit pembiayaan melawan rentenir, yakni program Memaksimalkan Pemberantasan Rentenir Agar Hilang di Tanah Datar (Makan Rendang di Tanah Datar).

"Kita berharap kegiatan GM EKI di Nagari Sumpur, dapat terlaksana secara berkesinambungan sehingga manfaatnya akan dirasakan masyarakat Tanah Datar," kata dia.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan, Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar menjadi salah satu Nagari yang ditunjuk OJK menjadi Generic Model Ekosistem Keuangan Inklusif (GM EKI) di wilayah pedesaan.

"Kita pilih Nagari Sumpur karena melihat semangat masyarakat mengembangkan usaha dengan sangat luar biasa, disini kita akan memberikan kegiatan literasi dan inklusi di sektor keuangan," kata dia.

Ia mengatakan, setiap wilayah yang ditunjuk dalam pelaksanaan EKI memiliki potensi wisata yang mampu menjadi daya tarik wisatawan.

Karena disetiap pelaksanaan program EKI pihaknya melakukan berbagai kegiatan, tidak hanya melakukan event tapi juga menampilkan hasil produk UMKM.

"Terkait hal itu sudah pilihan tepat rasanya memilih Nagari Sumpur yang berada di tepian Danau Singkarak yang memiliki komoditas andalan, yakni ikan bilih, buah sawo, dan lainnya," kata dia.