Alex Indra Lukman: Integritas dan dedikasi bernegara Bung Hatta patut diteladani

id PDI Perjuangan, Bung Hatta, Sumbar,Alex Indra Lukman

Alex Indra Lukman: Integritas dan dedikasi bernegara Bung Hatta patut diteladani

Ketua PDIP Sumatera Barat, Alex Indra Lukman (ANTARA/HO PDIP Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Barat Alex Indra Lukman mengatakan integritas pribadi dan dedikasi bernegara Bung Hatta dalam memperjuangkan kemerdekaan serta kesetiaan pada cita-cita dan keluarga patut diteladani.

"Kita perlu untuk tetap belajar dari sejarah, terutama dari pemikiran-pemikiran dan perilaku tokoh yang relevan untuk kemajuan bangsa dan negara. Apalagi Bung Hatta, tidak hanya seorang pemikir yang meninggalkan jejak karya tulis tapi juga meninggalkan sikap hidup yang sangat patut diteladani,” kata dia dalam keterangan tertulis di Padang,Kamis.

Hal ini diungkapkannya selepas Badan Kebudayaan Nasional-Sumatera Barat menggelar rangkaian kegiatan peringatan hari lahir Bung Hatta ke-119 tahun.

Badan Kebudayaan Nasional-Sumatera Barat, yang ikut memperingati hari lahir Bung Hatta, telah menggelar sejumlah rangkaian acara yang dimulai antara10-14 Agustus 2021 dengan tema "Membaca” pesan-pesan Bung Hatta

Kegiatan untuk memperingati tokoh-tokoh perjuangan Indonesia, merupakan salah satu program prioritas Badan Kebudayaan Nasional.

Sebelumnya, Badan Kebudayaan Nasional juga telah menyelenggarakan perayaan Bulan Juni Bulan Soekarto, yang dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Sumatera Barat.

Menurut Alex, perayaan atau peringatan tentang tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan termasuk tokoh lainnya yang berjasa dalam memajukan bangsa dan negara perlu dilaksanakan secara berkesinambungan.

"Semuanya itu sangat relevan dan pantas jadi tauladan dalam memajukan dan menyejahterakan bangsa Indonesia," kata dia.

Sementara itu pelaksana kegiatan sekaligus Ketua Badan Kebudayaan Nasional-Sumatera Barat Edy Utama mengatakan perayaan peringatan hari lahir Bung Hatta di Sumatera Barat tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan COVID-19.

Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan secara virtual, yang hasilnya dapat dilihat melalui kanal yotube Badan_Kebudayaan_Nasional_Sumbar.

“Perayaan ini melibatkan sejumlah tokoh dari Sumatera Barat termasuk anak-anak muda serta seniman seni pertunjukan. Kegiatannya antara lain dimulai dengan pembuatan testimoni tentang Bung Hatta, dan pembacaan buah pikir Bung Hatta,” kata Eddy Utama.

Perayaan hari lahir Bung Hatta tahun ini, imbuh pada dasarnya mencoba “membaca” dan menafsirkan berbagai dimensi pemikiran dan kehidupan Bung Hatta, baik sebagai tokoh politik, intelektual, maupun sebagai kepala keluarga.

Sementara pakar ketatanegaraan Dr Khairul Fahmi mengatakan inti dari pemikiran dan perjuangan Bung Hatta, adalah untuk memperjuangkan dan membangun kedaulatan rakyat berbasiskan pada demokrasi politik dan demokrasi ekonomi, yang sebagian diinspirasi oleh nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Minangkabau.

Sementara Buya Mas’oed Abidin, kita perlu mensyukuri bahwa Minangkabau telah melahirkan begitu banyak tokoh, satu di antaranya adalah Bung Hatta.

Kegiatan ini diikuti sejumlah tokoh Sumatera Barat mulai dari Buya Mas’oed Abidin, mantan Rektor Unand Prof Werry Darta Taifur, Sejarawan Unand Prof Gusti Asnan, pakar hukum tata negara Dr Khairul Fahmi, Ketua Dewan Pengurus Perguruan Thawalib Padang Panjang DR Abrar, perempuan pengusaha UMKM Henni Adli serta aktivis perempuan dan pengamat sosial Lany Verayanti.

Sedangkan dari cendekiawan muda dan budayawan, ada nama dosen UIN Imam Bonjol Mohammad Taufik, sastrawan dan pegiat literasi Yusrizal KW, seniman Hasanawi serta Zamzami Ismail dan komunitas anak muda dan mahasiswa yang tergabung dalam Muaro Youth Forum.(*)