Wagub apresiasi manajemen RSUD Dr M Zein Painan produksi oksigen sendiri

id berita pesisir selatan, berita sumbar, wagub sumbar, RSUD M zein

Wagub apresiasi manajemen RSUD Dr M Zein Painan  produksi oksigen sendiri

 Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy di RSUD Dr M Zein Painan. (Antara/Istimewa)

Painan (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengapresiasi manajemen RSUD Dr M Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan karena mampu memproduksi oksigen secara mandiri untuk keperluan perawatan pasien COVID-19.

"Dari sejumlah rumah sakit yang saya tinjau, baru RSUD Dr M Zein Painan yang memiliki alat produksi oksigen," kata dia saat berkunjung ke Pesisir Selatan, Sabtu.

Dengan demikian, tambahnya, maka permasalahan seputar kelangkaan oksigen yang menjadi kebutuhan dalam penanganan pasien COVID-19 tidak akan terjadi di Pesisir Selatan.

Dalam kunjungan tersebut, ia juga berkesempatan meninjau beberapa ruangan yang ada di Rusunawa Kampung Muaro Painan Selatan, sesuai rencana Pemkab Pesisir Selatan akan dijadikan sebagai ruang rawatan pasien COVID-19.

Direktur RSUD Dr M Zein, Sutarman, menyampaikan bahwa dengan peralatan yang tersedia di rumah sakit itu per harinya bisa diproduksi 150 tabung oksigen dengan isi 1,8 m³.

Sehinggat ketersediaan oksigen selama proses penyembuhanan COVID-19 baik pasien maupun keluarganya tidak perlu cemas.

Ia menyebut dalam kondisi normal, kebutuhan oksigen per hari rata-rata hanya sebanyak 50 tabung, namun saat ini mencapai 100 tabung akibat melonjaknya jumlah pasien COVID-19.

Dalam kesempatan itu, selain Audy dan Sutarman, juga hadir pejabat lainnya yakni anggota DPD RI Alirman Sori, serta Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariansyah.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar