Delapan mahasiswa UNP dapat kesempatan kuliah 1 semester di luar negeri

id unp

Delapan mahasiswa UNP dapat kesempatan kuliah 1 semester di luar negeri

Kepala UPT. Layanan Internasional UNP Rusnardi Rahmat Putra, Ph.D. (ANTARA/HO-HUmas UNP)

Padang (ANTARA) - Sebanyak delapan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) lulus Program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) 2021 dan mendapat kesempatan kuliah selama satu semester di luar negeri.

“Alhamdulillah, kami dari UPT Layanan Internasional akan terus berusaha semaksimal mungkin agar mahasiswa UNP dapat mengikuti program-program internasional di tahun-tahun mendatang," kata Kepala UPT Layanan Internasional Rusnardi Rahmat Putra di Padang, Selasa.

Ia mengatakan UPT Layanan Internasional akan terus memfasilitasi mahasiswa UNP yang ingin mengikuti kegiatan internasional selanjutnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri, Ph.D juga menyampaikan selamat pada mahasiswa yang lulus program IISMA yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

"Hal ini tentu akan menjadi motivasi bagi mahasiswa UNP lainnya untuk dapat mengikuti program-program internasional selanjutnya," ucapnya.

Program IISMA menjadi salah satu program unggulan dari delapan Program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengembangan diri di luar kampusnya pada peguruan tinggi di luar negeri.

Program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengambil mata kuliah atau kegiatan yang dapat disetarakan dengan mata kuliah di luar mata kuliah kompetesi prodinya.

Dengan program beasiswa ini mahasiswa difasilitasi untuk meraih capaian pembelajaran sesuai minat dan bakatnya sehingga setelah lulus program sarjana dapat bersaing dalam lapangan pekerjaan tidak hanya di tingkat nasional, namun juga lebih luas di tingkat global.

Dalam program ini, mahasiswa dapat menempuh pembelajaran di perguruan tinggi di luar negeri yang menjadi mitra Kemendikbud selama 1 semester yang kegiatan pembelajarannya disetarakan hingga 20 SKS.

Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah dan aktivititas pengembangan diri yang diminati dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri.

Ada beberapa tujuan dari Program IISMA di antaranya adalah meningkatkan pengetahuan, soft skills, dan pemahaman lintas budaya mahasiswa.

Kemudian membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengenal dan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dan arah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masa depan.

Kedelapan mahasiswa UNP yang berhasil lulus pada program IISMA 2021 yang pertama adalah Selvina Salsabila dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni UNP di Palacky University Olomouc, Republik Ceko.

Kedua, Quratul Akyuni dari Program Studi Biologi FMIPA UNP, di Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia. Ketiga, Nurul Ramadhini dari Program Studi Desain Komunikasi Visual, FBS UNP di Universiti Sains Malaysia, Malaysia.

Keempat, Hafifah Humaida dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara di University of Pcs, Hungary. Kelima, Muhammad Alif Rizkiawan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FBS UNP di University of Pcs, Hungary.

Keenam, Muhammad Alhadi dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Ketujuh, Ridhatul Fadhli dari Program Studi Sastra Inggris di University of Pennsylvania, Amerika Serikat.

Terakhir, Azriela Aurel Novisa Sari dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di University of Strachclyde, Skotlandiaq. (*)