PT Semen Padang turunkan kadar emisi debu dari cerobong pabrik

id berita padang,berita sumbar,sp

PT Semen Padang turunkan kadar emisi debu dari cerobong pabrik

Proyek modifikasi Electrostatic Precipitator  menjadi Bag House Filter Indarung IV  PT Semen Padang untuk menurunkan kadar emisi debu dari  pabrik. (Antarasumbar/HO-PT Semen Padang)

Kami terus berupaya untuk menekan lebih rendah lagi sesuai  visi perusahaan, yaitu menjadi perusahaan persemenan yang andal, unggul dan berwawasan lingkungan di Indonesia bagian barat dan Asia Tenggara,
Padang (ANTARA) - PT Semen Padang berupaya menekan kadar emisi debu yang dikeluarkan aktivitas pabrik sebagai komitmen menghadirkan perusahaan yang ramah lingkungan.

"Upaya menurunkan kadar emisi debu dilakukan lewat proyek modifikasi Electrostatic Precipitator (EP) menjadi BagHouse Filter (BHF) yang dapat menurunkan kadar emisi debu dari cerobong pabrik hingga 50 persen," kata Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati di Padang, Jumat.

Menurut dia saat ini emisi debu PT Semen Padang masih memenuhi ambang batas yang dipersyaratkan undang-undang.

“Kami terus berupaya untuk menekan lebih rendah lagi sesuai visi perusahaan, yaitu menjadi perusahaan persemenan yang andal, unggul dan berwawasan lingkungan di Indonesia bagian barat dan Asia Tenggara," kata dia.

Proyek modifikasi EP menjadi BHF di Pabrik Indarung IV, kata Anita pengerjaannya telah dimulai sejak 4 Juni 2021 dengan perkiraan pengerjaannya selesai pada 15 Juli 2021.

Proyek tersebut, lanjutnya besar manfaatnya bagi operasional pabrik berbasis lingkungan, karena jika proyek tersebut selesai, maka emisi debu yang dihasilkan dari operasional pabrik Indarung IV akan turun menjadi 40 mg/Nm3 dari ambang batas yang dipersyaratkan undang-undang, yakni 75 mg/Nm3.

Sementara Kepala Departemen Pemeliharaan PT Semen Padang Muhamad Syafitri yang didampingi Wakil Kepala Departemen Pemeliharaan, Abdul Hakim Lubis menambahkan dampak baik dari modifikasi EP menjadi BHF, juga dapat meningkatkan kebersihan dan kualitas udara lingkungan di sekitar pabrik.