Kadin Sumbar berharap tol laut Teluk Bayur-Kolombo segera diwujudkan

id berita padang,berita sumbar,tol laut

Kadin Sumbar berharap tol laut Teluk Bayur-Kolombo segera diwujudkan

Ketua Kadin Sumbar Ramal Saleh. (Antarasumbar/Ikhwan Wahyudi)

Jadi peluang ini harus ditangkap,
Padang (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri Sumatera Barat (Kadin Sumbar) berharap pemerintah pusat segera mewujudkan tol laut dari Teluk Bayur menuju Kolombo dalam rangka meningkatkan ekspor Sumbar.

"Teluk Bayur merupakan satu-satunya pelabuhan terbaik di Pantai Barat Sumatera, dan sebelumnya sudah ada kerja sama dengan negara-negara di pesisir Samudra Hindia, peluang ini harus diambil," kata Ketua Kadin Sumbar, Ramal Saleh di Padang, Senin.

Menurut dia jika Tol Laut Teluk Bayur menuju Kolombo kemudian diteruskan ke Chenai maka jaraknya lebih dekat dari pada ke Tanjung Priuk dan ada dua miliar orang di sana mulai dari India, Pakistan, Bangladesh dan Nepal.

"Jadi peluang ini harus ditangkap, dan untuk ekspornya berkolaborasi dengan Bengkulu, Jambi, Riau daratan dam Sumatera Utara bagian Selatan," kata dia.

Ia menilai jika tol laut terealisasi akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat.

"Memang tidak bisa serta merta tapi ini peluang yang harus ditangkap dan diambil," kata dia.

Kuncinya adalah sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dengan dunia usaha sehingga bisa terwujud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada sisi lain ia juga mendorong agar pembangunan tol Pekanbaru-Padang segera terealisasi agar akses kedua provinsi bisa menjadi lebih mudah dan cepat.

"Dengan demikian angkutan barang dan orang akan menjadi lebih lancar," katanya.

Terkait dengan dampak pandemi COVID-19 bagi dunia usaha ia menyampaikan hampir sebagian besar pelaku usaha terdampak sehingga dibutuhkan kebijakan dan dorongan agar dapat bangkit kembali.

"Tanpa ada dunia usaha ekonomi akan lamban tumbuh sehingga perlu ada dorongan lewat investasi dan pembangunan infrastruktur," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar