Festival Marandang di Payakumbuh akan digelar untuk pertama kalinya

id berita payakumbuh,berita sumbar,rendang

Festival Marandang di Payakumbuh akan digelar untuk pertama kalinya

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz. (antarasumbar/HO)

Dengan berdirinya sekolah randang ini, kita berharap kedepan akan banyak SDM terampil yang mampu memasak rendang,
Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat akan melaksanakan Festival Marandang (mengolah rendang) untuk pertama kalinya yang digelar pada 15 sampai 16 Oktober 2020.

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz di Payakumbuh, Selasa, mengatakan festival ini juga untuk lebih menggelembungkan branding Kota Payakumbuh sebagai City Of Randang.

"Festival ini pelaksanaannya akan dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratapan Ibu, kelurahan Ibuh itu diikuti oleh lima kabupaten/kota se-Sumatra Barat," kata dia.

Ia mengatakan berkaitan kegiatan ini berlangsung di tengah pandemi COVID-19, Pemkot Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan bekerja sama dengan para influencer.

"Kegiatan ini akan dapat disaksikan nantinya secara virtual. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan, maka kedepannya kita berharap kegiatan ini dapat masuk dalam kalender iven tahunan kota Payakumbuh”, kata dia.

Ia mengatakan saat ini kota Payakumbuh sudah memiliki sekolah khusus untuk belajar memasak Randang.

“Dengan berdirinya sekolah randang ini, kita berharap kedepan akan banyak SDM terampil yang mampu memasak rendang. Sehingga kota Payakumbuh bisa memproduksi rendang sebanyak 10 ton perhari," ujarnya.

Tidak cukup sampai disitu, Erwin berharap branding sebagai City of Randang suatu saat nanti Kota Payakumbuh dapat menjadi sentra kuliner rendang terbesar yang pernah ada.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat Andiko Jumarel mengatakan selama kegiatan festival berlangsung yang hanya diperbolehkan hadir di lokasi acara selain panitia pelaksana dan hanya ada perwakilan dari setiap dinas pariwisata setiap daerah yang ikut serta untuk memeriahkan festival marandang ini.

Ia menyebutkan bahwa nantinya hanya akan ada lima daerah yang mengikuti festival marandang tersebut.

“Untuk tetap melaksanakan kegiatan festival marandang ini secara virtual, kita akan menjalin kerjasama dengan beberapa orang influencer dan youtuber kenamaan. Agar dapat menayangkan secara langsung selama festival marandang berlangsung, sehingga seluruh warga dapat menyaksikan melalui media sosial," ujarnya.

Selain itu, kegiatan tersebut tidak hanya tentang kuliner, juga akan ada pertunjukan seni marandang yang dipersembahkan oleh sanggar Pituah Bundo kota Payakumbuh.

"Kami juga ada lomba pengolahan dadak rendang yang akan diikuti siswa dan siswi SMA dan SMK di kota Payakumbuh. Terkhusus untuk lomba pengolahan dadak Randang, peserta hanya perorangan dan akan memasaknya di rumah masing-masing, kemudian mengantarkan hasilnya ke panitia," sebutnya.