Pemerintah pusat "mengkucuri" Pemkab Pesisir Selatan DAK senilai Rp53,9 miliar

id berita pesisir selatan,berita sumbar,DAK,pemerintah pusat

Pemerintah pusat "mengkucuri" Pemkab Pesisir Selatan DAK senilai Rp53,9 miliar

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (antarasumbar/Istimewa)

Saya sudah mewanti-wanti agar pejabat di dinas terkait segera bergerak dengan memanfaatkan sumber daya yang ada,
Kabupaten Pesisir Selatan (ANTARA) - Pemerintah pusat "mengucuri" Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp53,9 miliar untuk membangun berbagai infrastruktur.

"DAK akan digunakan untuk membangun infrastruktur seperti jalan, irigasi, air minum, sanitasi, kelautan dan perikanan, pertanian, transportasi darat, pariwisata serta perumahan rakyat," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Selasa.

Terkait hal itu pihaknya telah mendorong pejabat perangkat daerah terkait untuk segera menyusun beberapa tahapan agar perealisasianya bisa disegerakan.

"Saya sudah mewanti-wanti agar pejabat di dinas terkait segera bergerak dengan memanfaatkan sumber daya yang ada," tambahnya.

Ia menyebutkan dengan situasi saat ini tidak hanya Pesisir Selatan namun seluruh daerah membutuhkan dana segar dari pemerintah pusat untuk menggenjot pembangunan.

Hal tersebut, katanya karena tersedotnya anggaran yang banyak dalam upaya meminimalkan paparan COVID-19 serta untuk kegiatan lain berkaitan dengan itu.

Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang kabupaten setempat, Era Sukma Munaf juga menyebut bahwa pemerintah pusat juga menggelontorkan anggaran Rp30 miliar ke daerah itu.

Anggaran miliaran itu bersumber dari Dirjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu akan digunakan untuk membangun sarana air bersih di Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir.

Berikutnya pembangunan dan peningkatan empat unit madrasah, pembangunan dan peningkatan lima unit sekolah serta pembangunan sarana dan prasarana 15 unit Pamsimas.