Lakukan sidak, Sekda Payakumbuh akan tarik kendaraan dinas yang tidak terawat

id payakumbuh,kendaraan dinas

Lakukan sidak, Sekda Payakumbuh akan tarik kendaraan dinas yang tidak terawat

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh Rida Ananda saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap kendaraan dinas yang berada di parkiran Balai Kota Payakumbuh, Rabu (1/7). (ANTARA/Akmal Saputra)

Akmal Saputra (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Rida Ananda menegaskan akan menarik kendaraan dinas dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak mau merawat dengan baik kendaraan dinas yang dipakai.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap kendaraan dinas yang berada di parkiran Balai Kota Payakumbuh, Rabu.

"Beberapa waktu lalu kami telah mengimbau untuk merawat, menjaga dan membersihkan kendaraan dinas. Makanya hari ini dilakukan sidak ," kata dia.

Rida mengatakan merawat kendaraan dinas tidak hanya sebatas melakukan servis rutin tapi harus rajin mencucinya jangan hanya sekedar memakai.

"Kami selalu mengingatkan kepada ASN pengguna kendaraan dinas agar selalu membersihkan dan merawat kendaraannya seperti kendaraan pribadi," sebutnya

Ia mengatakan akan memberikan teguran keras kepada pemilik kendaraan dinas yang tidak mau merawat dan membersihkan kendaraannya.

"Tujuannya agar kendaraan dinas bisa awet dan umur pakai kendaraan akan lebih panjang. Kalau tidak mau mengindahkan konsekuensinya kendaraan dinas akan ditarik dan diberikan kepada ASN yang mau merawat," ujarnya.

Bahkan, ketika mendapati kendaraan yang kotor di parkiran, Rida langsung memanggil satu persatu pemilik kendaraan dinas tersebut dan langsung memberikan teguran agar selalu membersihkan kendaraannya.

"Saya juga memberikan penghargaan kepada kendaraan yang bersih agar memotivasi yang lain untuk selalu menjaga kebersihan kendaraannya," kata dia.

Rida menyebutkan bahwa pihaknya akan terus memantau kondisi kendaraan dinas yang kini tengah dipercayakan kepada ASN di Payakumbuh. Apabila pada sidak selanjutnya masih ditemukan kendaraan yang tidak terawat, tindakan tegas akan langsung dilaksanakan.

"Namanya sidak tentu waktunya tidak pasti, bisa besok, minggu depan, atau kapan pun saya mau. Yang pasti selalu ada penghargaan dan hukuman," sebutnya.