BKKBN akan peringati Harganas secara virtual di tengah pandemi COVID-19

id BKKBN,Sumbar,Padang

BKKBN akan peringati Harganas secara virtual di tengah pandemi COVID-19

BKKBN Sumbar menggelar webinar dengan pemateri Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berencana akan memperingati Hari Keluarga Nasional ke-27 secara virtual akibat adanya pandemi COVID-19.

Kepala BKKBN Sumatera Barat Etna Estelita di Padang, Senin mengatakan persiapan menyambut Harganas yang telah direncanakan dengan matang oleh sejak satu tahun belakangan harus diubah kembali karena pandemi.

Ia mengatakan pada masa pandemi BKKBN tidak dapat melaksanakan kegiatan padahal persiapan sudah dirancang dan beberapa tahapan sudah dilakukan

Menurut dia walaupun mengalami hambatan pihaknya bersyukur peringatan Harganas dapat terlaksana secara virtual dan berjalan lancar hari ini salah satunya adanya webinar yang diisi oleh Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan materi tentang Keluarga Tangguh di Masa Era Pandemi COVID-19. Ia mengapresiasi Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar yang tetap melaksanakan rangkaian acara Harganas melalui pertemuan virtual

Menurut dia di tengah keterbatasan pelaksanaan kegiatan karena pandemi COVID-19, rangkaian acara Harganas melalui pertemuan virtual tetap bisa terlaksana dengan lancar.

Ia juga mengapresiasi ide untuk khutbah Jumat tentang pembangunan keluarga berkualitas dan ide pelayanan KB serentak pada 29 Juni 2020 mendatang.

"Perlu juga diapresiasi mengenai ide khutbah jumat tentang pembangunan keluarga berkualitas yang diperuntukkan bagi bapak-bapak agar menjadi pedoman bagi kepala keluarga dalam menciptakan keluarga yang berkualitas. Juga produktivitas BKKBN dalam penyelenggaraan pelayanan KB serentak tanggal 29 Juni nanti," jelasnya.

Ia mengatakan dalam membentuk keluarga yang berkualitas butuh proses yang tidak instan, dan usaha yang berkelanjutan.

"Keluarga adalah segalanya, tempat kita berbahagia membuat kita sukses dunia akhirat. Utamakan keluarga insyaAllah kita peroleh kesuksesan dunia akhirat. Keluarga berkualitas bukan terbentuk secara instan, namun dari proses dan usaha yang berkelanjutan," tutupnya.

Sementara itu Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan saat ini BKKBN telah mengubah loho dan slogan mereka agar lebih dicintai dan dekat dengan generasi milenial.

Selain itu dirinya mengingatkan semua pegawai BKKBN agar menjadi contoh di keluarga maupun masyarakat, bagaimana cara menciptakan keluarga yang berencana sehingga keluarga yang berkualitas bisa diwujudkan.

“Keluarga itu separuh hidup kita. Kalau menikah separuh agama kita. Kalau kita melakukan apapunutk keluarga benar-benar menjadi ibadah. Kalau kita mempersiapkan keluarga kesuksesan dunia akhirat," kata dia.