Sejumlah masjid di Sumbar laksanakan shalat gerhana matahari

id Berita padang,berita sumbar, shalat gerhana matahari

Sejumlah  masjid di Sumbar laksanakan  shalat gerhana matahari

Shalat sunah gerhana matahari di si masjid raya Sumbar (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Sejumlah masjid di Sumatera Barat (Sumbar) serentak menggelar shalat sunah gerhana matahari pada Minggu, (21/6) atau bertepatan dengan 29 Syawal 1441 Hijriah.

"Alhamdulillah, pelaksanaan shalat sunah gerhana matahari kali ini serentak dilaksanakan sejumlah masjid di Sumbar. Selain di masjid raya Sumbar, juga diadakan di beberapa masjid agung lainnya," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar Hendri, di Padang, Minggu.

Ia menyampaikan hal itu setelah pelaksanaan shalat sunah gerhana matahari yang digelar di masjid Raya Sumbar.

Shalat digelar dalam rangka menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam nomor : B-1573/Dt.III.II/HM.00/06/2020 pada 19 Juni 2020 terkait imbauan pelaksanaan salat sunah gerhana matahari pada hari ini," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan pelaksanaan shalat sunat gerhana matahari dalam rangka menunaikan sunnah nabi Muhammad SAW untuk menambah keimanan kepada Allah SWT berdasarkan fenomena alam yang terjadi berupa gerhana matahari.

"Ini dalam bentuk keyakinan kita kepada Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah. Dengan cara melaksanakan shalat sunah gerhana sebanyak dua rakaat yang diikuti dengan khutbah," kata dia.

Menurut dia dengan adanya fenomena alam tersebut dapat memperkuat iman seseorang sebagai hamba Allah.

"Kemudian dengan adanya gerhana matahari tersebut dapat meyakini bahwa Allah maha kuasa yang mampu mengatur alam ini dengan sebaik-baiknya. Hal inj disebut tauhid rububiyah," kata dia.

Kemudian ia mengatakan setelah dilakukan pemantauan, gerhana matahari hanya bisa dilihat sekitar 9,9 persen . Artinya kecil dan tidak kelihatan begitu gelap.

"Namun awalnya terlihat pada 14.03 WIB, puncaknya 14.47 WIB, dan berakhir pada 15.37 WIB," kata dia.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan gerhana matahari merupakan tanda kebesaran Allah dan pelaksanaan shalat sunah gerhana merupakan sunah nabi untuk meningkatkan keimanan kepada Allah.

"Fenomena gerhana matahari ini menjadi bagian dari kekuasaan Allah SWT, agar manusia selalu ingat bahwa ada kekuatan Allah yang mengatur seluruh alam semesta," katanya yang juga mengikuti pelaksanaan shalat gerhana matahari yang digelar di Masjid Raya Sumbar.