Normal baru, Pertamina pastikan pasokan BBM di Sumbar aman

id Pertamina,Padang,Sumbar,Bahan Bakar Minyak

Normal baru, Pertamina pastikan pasokan BBM di Sumbar aman

Petugas SPBU melayani konsumen mengisi bahan dengan protokol kesehatan (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - PT Pertamina Marketing Region (MOR) I memastikan pasokan bahan bakar minyak di Sumatera Barat aman dalam kondisi normal baru.

Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo di Padang, Kamis mengatakan Pemprov Sumbar telah menetapkan era normal baru atau Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC) sejak Senin (8/6).

Menyikapi kondisi ini pihaknya memastikan layanan konsumen di era normal baru ini menerapkan protokol pencegahan COVID-19

Ia mencatat memasuki normal baru konsumsi BBM di Sumatera Barat menunjukkan pergerakan naik. Rata-rata harian konsumsi BBM jenis bensin yaitu Premium, Pertalite dan Perta series di Sumbar pada bulan Juni 2020 meningkat tujuh persen dibandingkan Mei 2020.

“Konsumsi tercatat 1,6 juta liter per hari dibandingkan bulan lalu 1,5 juta liter per hari. Hal ini ditengarai karena masyarakat yang kembali beraktivitas di luar rumah," kata dia

Sementara itu konsumsi BBM jenis diesel seperti Biosolar, Dexlite dan Dex bahkan meningkat lebih besar sebanyak 17 persen.

“Rata-rata dengan 932 ribu liter per hari, jumlah ini naik dibandingkan konsumsi Mei 2020 sejumlah 795 ribu liter per hari,” kata dia

“Masyarakat tak perlu khawatir akan ketersediaan BBM dalam menghadapi kondisi normalan baru. Stok BBM yang tersedia di fuel terminal, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Sumbar hingga 35 hari ke depan,” kata dia.