Kerja di Pasar Raya Padang, warga Lubuk Alung positif COVID-19

id Ketua gugus tugas COVID-19 Padang Pariaman

Kerja di Pasar Raya Padang, warga Lubuk Alung positif COVID-19

Ketua Tim Komunikasi Gugus Tugas COVID-19 Padang Pariaman, Sumbar Zahirman. (ANTARA / Ist)

Parit Malintang (ANTARA) - Warga Nagari Punggung Kasiak, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat W (39) terkonfirmasi positif COVID-19 yang diduga terpapar di Pasar Raya Padang.

"Pasien ini bekerja sebagai tenaga kebersihan di Pasar Raya Padang dan sehari-hari tinggal di Padang," kata Ketua Tim Komunikasi Gugus Tugas COVID-19 Padang Pariaman Zahirman di Parit Malintang, Selasa.

Ia mengatakan W terdeteksi positif COVID-19 berdasarkan pemeriksaan swab yang pengambilan sampelnya secara massal oleh Dinas Kesehatan Kota Padang di Pasar Raya Padang.

Sedangkan laporan kasus terkonfirmasinya masuk ke Kota Padang karena yang bersangkutan lebih sering tinggal atau berdomisili di daerah itu, kata dia.

Berdasarkan KTP, lanjutnya yang bersangkutan beralamat di Lubuk Alung dan dalam sekali seminggu W pulang ke Padang Pariaman untuk menemui anak dan istrinya.

"Pada saat hasil tes laboratorium keluar positif, W berada di rumah istri dan anaknya," katanya.

Ia menyampaikan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Padang dan mengisolasi W ke Balai Latihan Pegawai Pertanian (BLPP) Bandar Buat, Padang hingga dinyatakan sembuh dari virus tersebut.

Selanjutnya, kata dia semenjak pagi kemarin pihaknya melacak warga yang kontak dengan W guna dilaksanakan tes swab.

Sebelumnya, ratusan pedagang di Pasar Raya Padang melakukan pengambilan sampel lendir saluran pernafasan untuk kemudian dilakukan tes swab dalam rangka memastikan apakah terpapar Corona Virus Disease (COVID-19).

"Awalnya tes dilakukan di Puskesmas dan rumah sakit terdekat, namun untuk kemudahan akhirnya dipindahkan ke Pasar Raya Blok III lantai empat," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andre Algamar di Padang, Rabu.

Menurut dia Pasar Raya Padang merupakan kluster terbesar penularan COVID-19 terbesar di Padang sehingga diputuskan untuk melakukan tes swab bagi seluruh pedagang yang jumlah mencapai sekitar 1.500 orang.*