Menpan RB sarankan Gubernur Sumbar bentuk Gugus Tugas ASN milenial

id menpan rb,Abdullah Azwar Anas,mahyeldi,gugustugas asn milenial

Menpan RB sarankan Gubernur Sumbar bentuk Gugus Tugas ASN milenial

Menpan RB Azwar Anas (dua kanan) dijamu siriah carano saat datang meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Sawahlunto, Senin. (ANTARA/Yudha Ahada)

Sawahlunto  (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyarankan kepada Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah agar membentuk Gugus Tugas ASN milenial untuk memposting proyek perubahan di kantor/dinas mereka masing-masing ke media sosial.

“Kalau bisa Pak Gubernur dapat memunculkan inovasi di Sumbar yakni dengan memberdayakan adik-adik kita para ASN milenial. Itu kan mereka diberi tugas ada membuat proyek perubahan pada dinas/instansinya masing-masing, nah sekarang kita bisa arahkan mereka bagaimana mengkomunikasikan kepada publik seperti apa kinerja yang dilakukan, salah satu medianya nanti bisa dengan diposting ke media sosial,” kata Menpan RB Azwar Anas dalam arahannya pada kegiatan peresmian Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Sawahlunto, Senin (26/9).

Inovasi seperti itu, menurut dia dapat menyampaikan pesan kepada publik secara efektif dan efisien tentang reformasi birokrasi.

Ia menyebut manfaat lainnya dari inovasi itu akan menumbuhkan suasana kompetisi yang sehat dalam meningkatkan kinerja.

“Kalau posting di media sosial ini kan peluangnya untuk jadi viral, nah kita harapkan ke depan konten-konten yang viral ini ada proyek perubahan ada kinerja ASN. Sehingga nanti banyak yang menonton itu akan menjadi inspirasi bagi ASN lain untuk meningkatkan kinerjanya,” katanya.

Menpan RB menyebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa pelayanan kepada publik harus terus ditingkatkan, birokrasi tidak boleh ruwet, harus jelas dan berdampak membantu masyarakat.

Menyambut saran dari Menpan RB itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyampaikan terima kasih dan menyebut segera melakukan kajian untuk merealisasikan saran itu.

“Saran yang sangat bagus dari pak Menteri, memang sangat strategis bagi kita untuk memberdayakan ASN milenial ini karena mereka mempunyai energi, memiliki ide-ide yang kuat dan segar. Asalkan tetap kita dampingi dan arahkan maka ASN milenial ini bisa menjadi penggerak bagi percepatan reformasi birokrasi,” katanya.