Persediaan APD dan masker N95 petugas medis Sumbar bertambah untuk tangani COVID-19 (Video)

id berita padang,berita sumbar,APD,masker N95,bertambanh,covid-19

Persediaan APD dan masker N95 petugas medis Sumbar bertambah untuk tangani COVID-19 (Video)

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Erman Rahman memeriksa masker N95 yang dipesan untuk tenaga medis. (antarasumbar/Istimewa)

Yang datang hari ini adalah 7.800 buah APD. Ini tambahan dari pesanan sebelumnya yang masih kurang,
Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menambah persediaan Alat Pelindung Diri (APD) hingga masker N95 untuk memenuhi kebutuhan petugas medis dalam menangani pasien COVID-19 di lapangan.

"Yang datang hari ini adalah 7.800 buah APD. Ini tambahan dari pesanan sebelumnya yang masih kurang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Erman Rahman di Padang, Senin.

Sebelumnya Pemprov Sumbar memesan 60 ribu APD untuk memenuhi kebutuhan petugas medis di daerah itu. Sebanyak 52.200 telah datang dua minggu lalu dan kekurangannya datang hari ini.

Selain itu, masker N95 yang sudah sulit didapatkan di pasaran juga dipesan sebanyak 60 ribu buah. Semua sampai dan dibongkar di gudang Pusat Pengendalian dan Pengoperasian (Pusdalops) BNPB di Padang bersama dengan sabun pembersih tangan serta penutup muka sebanyak 60 ribu buah.

Ia memastikan APD dan kebutuhan lain itu akan segera didistribusikan kepada tenaga medis di Sumbar melalui Dinas Kesehatan setempat.

"Setelah dicek seluruhnya, APD, masker dan yang lain segera kita distribusikan karena tenaga medis di lapangan memang sangat membutuhkan," ujarnya.

Kedatangan barang kebutuhan untuk tenaga medis itu langsung dimonitor oleh perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kejaksaan Tinggi dan Inspektorat Sumbar untuk memastikan tidak ada penyimpangan dan penyelewengan.

Perwakilan BPKP Jun Suwarno mengatakan hingga saat ini seluruh proses berjalan lancar, tidak ada ditemukan pelanggaran atau kejanggalan.

Ia berharap agar barang-barang tersebut bisa cepat didistribusikan bagi tenaga medis yang benar-benar membutuhkan.***3***