54 warga tercatat kontak dengan dua pasien COVID-19 Pesisir Selatan

id pandemi covid-19,pasien covid-19 pesisir selatan,virus corona,covid-19

54 warga tercatat kontak dengan dua pasien COVID-19 Pesisir Selatan

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan Rinaldi. (ANTARA/ist)

​​​​​​​Painan  (ANTARA) - Tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mencatat 54 warga setempat pernah kontak dengan dua pasien yang positif terinfeksi virus Corona jenis baru atau COVID-19.

"54 warga tercatat pernah kontak dengan pasien kasus ketiga dan keempat COVID-19," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi di Painan, Kamis.

Rata-rata warga yang pernah kontak merupakan keluarga dekat, karena kedua pasien melakukan isolasi mandiri di rumahnya sebelum dinyatakan positif terinfeksi pada Rabu (8/4).

"54 warga itu telah menjalani pemantauan selama 14 hari ke depan dengan pengawasan tenaga medis," sebutnya.

Ia menyebutkan jumlah warga yang pernah kontak dengan pasien ketiga dan keempat menurun dibanding pasien pertama dan kedua.

Pada pasien pertama dan kedua tim mencatat warga yang pernah kontak dengan mereka berjumlah 119 orang dengan rincian 62 warga kontak dengan pasien pertama dan 57 dengan pasien kedua.

"Isolasi penting sehingga jumlah warga yang pernah kontak dengan pasien ketiga dan keempat lebih sedikit, berbeda jika tidak melakukan isolasi tentu jumlah warga yang kontak akan lebih banyak," katanya lagi.

Saat ini, ungkapnya pasien ketiga menjalani perawatan di RSUP M Jamil Padang, sementara pasien keempat menjalani perawatan di RSUD M Zein Painan.

Sementara pasien kedua juga masih menjalani perawatan di RSUP M Jamil Padang dan keadaannya berangsur membaik.

Khusus pasien pertama yang bersangkutan oleh pihaknya RSUP M Jamil Padang diperbolehkan pulang setelah menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh dari COVID-19.