LLDIKTI Wilayah X nilai konferensi video daring mudahkan diskusi dengan PTS

id Berita Padang, Padang terkini, berita sumbar, LLDIKTI Wilayah X, konferensi video

LLDIKTI Wilayah X nilai konferensi video daring mudahkan diskusi dengan PTS

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Prof Herri menilai konferensi video secara daring telah mempermudah pihaknya saat berdiskusi dengan dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi.

"Perguruan tinggi yang dibawahi LLDIKTI Wilayah X cukup jauh. Tentu menyulitkan dosen untuk sekadar menghadiri rapat ke kantor LLDIKTI yang beralamat di Padang, Sumatera Barat," kata dia, di Padang, Jumat.

Dengan demikian pimpinan maupun dosen PTS tidak perlu lagi datang ke Padang atau hotel tempat penyelenggaraan kegiatan seperti tahun sebelumnya, kata dia.

Untuk itu ia meminta pimpinan PTS supaya meningkatkan sarana dan prasarana komunikasi melaluikonferensi video secara daring untuk menunjang lancarnya proses komunikasi tersebut.

Ia juga mengatakan ke depannya LLDIKTI Wilayah X bersama sejumlah dosen PTS di empat wilayah tersebut akan menggunakan konferensi video secara daring saat melakukan pertemuan.

"Melalui konferensi video tersebut banyak hal yang akan didiskusikan dengan pimpinan maupun dosen PTS diantaranya sosialisasi peraturan, kebijakan, dan diskusi kegiatan lainnya," kata dia.

Ia juga mengharapkan ke depannya pimpinan PTS lebih mengoptimalkan penggunaan sarana komunikasikonferensi video secara daring.

Dengan demikian penggunaan keuangan negara dan anggaran di PTS bisa lebih hemat. Kemudian dana yang sudah ada bisa dioptimalkan pemakaiannya kepada hal-hal yang menjadi kebutuhan dan menunjang layanan LLDIKTI Wilayah X, kata dia.

Sebelumnya, LLDIKTI Wilayah X sudah menggunakan konferensi video daring dalam rangka menyosialisasikan kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah itu untuk meningkatkan kualitas.

"Karena keempat kebijakan Merdeka Belajar tersebut penting disampaikan supaya PTS bisa mengimplementasikan sesuai teknis," kata dia.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar