Padang tetapkan Kampung Ketahanan Pangan dukung program nasional

id Kampung Ketahanan Pangan,Padang,Hendri Septa

Padang tetapkan Kampung Ketahanan Pangan dukung program nasional

Wali Kota Padang, Hendri Septa menetapkan Kelurahan Kuranji sebagai Kampung Tematik Ketahanan Pangan. ANTARA/HO-Pemkot Padang

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menetapkan Kelurahan Kuranji menjadi Kampung Tematik Ketahanan Pangan di daerah itu sebagai bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan nasional.

"Penetapan Kelurahan Kuranji sebagai Kampung Tematik Ketahanan Pangan Kota Padang didasari oleh kondisi eksisting dari kelurahan tersebut yang memiliki banyak petani dan kelompok tani," kata Wali Kota Padang, Hendri Septa, di Padang, Selasa.

Ia menyebut jumlah petani dan kelompok tani yang membudidayakan berbagai macam komoditas pertanian seperti padi, sayuran, dan ternak di Kelurahan Kuranji lebih banyak dibanding kelurahan lain di Kota Padang.

"Nantinya di Kelurahan Kuranji ini akan diterapkan pertanian berbasis teknologi dengan tagline 'Bersawah Pokok Murah' dan teknologi pakan ternak yang digagas oleh pemerhati pertanian Ir. Djoni, pendiri Dangau Inspirasi," ujar Hendri Septa.

Ia menambahkan, Kampung Ketahanan Pangan ini merupakan upaya Pemerintah Kota Padang dalam mendukung program ketahanan pangan nasional dan menjadikan Padang sebagai salah satu kota maju di Indonesia.

"Daerah yang maju di luar negeri salah satunya karena memiliki pasokan pangan yang berlimpah. Kita harapkan Kota Padang juga seperti itu ke depan, karena Kota Padang punya potensi cukup besar dengan luas sawahnya mencapai 5.216 hektar," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani mengungkapkan selain penetapan Kampung Ketahanan Pangan juga dilaksanakan pengukuhan Komisariat Daerah Duta Petani Milenial Kota Padang dan penyerahan benih padi sebanyak dua ton dari PT. Semen Padang.

Kemudian penyerahan alat pertanian berupa pompa air dari Kementerian Pertanian RI, penyerahan bantuan berupa benih sayuran, ayam petelur, bibit ikan nila dan lele, dan bibit tanaman buah-buahan.

"Bantuan ini diterima oleh kelompok-kelompok tani yang ada di Kota Padang. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan OPD Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang," katanya.