Angin kencang, pohon dan tiang listrik roboh timpa tiga bangunan di Agam

id angin kencang,pohon tumbang,bpbd agam

Angin kencang, pohon dan tiang listrik roboh timpa tiga bangunan di Agam

Satgas BPBD Kabupaten Agam, sedang membersihkan material pohon menimpa bangunan di Bancah, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Sabtu (22/2). (ANTARA/HO-BPBD Agam)

​​​​​​​Lubukbasung, (ANTARA) - Sebanyak tiga bangunan di Bancah, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat tertimpa pohon akibat angin kencang melanda daerah itu, Sabtu sekitar pukul 02.45 WIB.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Syafrizal di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan pohon menimpa atap bangunan TK Tunas Harapan, masjid dan rumah milik Dini (39), yang merupakan guru TK.

"Rumah rusak berat. Tidak ada korban jiwa. Kerugian materiil sedang didata," katanya.

Ia mengatakan saat ini Satgas BPBD setempat, anggota Polri, TNI, Pemerintah Kecamatan Tanjungraya, Nagari Maninjau dan masyarakat sedang membersihkan material yang menimpa bangunan itu.

Selain bangunan tertimpa pohon, tambahnya tiang listrik di Muko-muko, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjungraya juga tumbang.

Selain itu, pohon juga tumbang ke jalan di Batuang Panjang, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjungraya.

"Kami masih mendata bangunan yang rusak akibat angin kencang melanda daerah itu," katanya.

Ia mengakui angin kencang masih melanda Kecamatan Tanjungraya dan daerah lainnya di Agam.

Untuk itu, Syafrizal mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan dengan cara menghindari berdiri di bawah pohon dan berhenti saat mengendarai sepeda motor, agar tidak menjadi korban tertimpa pohon.

"Hindari pohon dan segera berhenti saat mengendarai sepeda motor apabila angin kerncang," katanya.