Ketua TP PKK ajak masyarakat bersama perangi kanker

id PKK Padang Panjang,bahaya kanker

Ketua TP PKK ajak masyarakat bersama perangi kanker

Ketua TP PKK Padang Panjang memberi arahan mengenai bahaya kanker di SMAN 1 setempat. (ANTARA/HO-Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Padang Panjang, Sumatera Barat, Dian Puspita mengajak masyarakat setempat bersama memerangi penyakit kanker dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Arahan tersebut ia sampaikan saat menjadi pembina upacara dalam rangka peringatan Hari Kanker Sedunia di SMAN 1 Padang Panjang, Senin.

Turut hadir Badan Pengawas Provinsi Sumatera Barat, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) setempat, Kepala SMAN 1 Padang Panjang serta guru dan pegawai di lingkungan SMAN 1.

Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari. Untuk tahun 2020 ini, tema yang diangkat yakni "I Am and I Will" sedangkan untuk Sumatera Barat bertemakan "Minangkabau Run Against Cancer" yang pembahasannya diutamakan pada kanker usus besar dan leukemia.

Tema tersebut bermakna untuk mengajak semua pihak terkait menjalankan perannya masing-masing dalam usaha mencegah hingga mengurangi beban akibat penyakit kanker.

"Upacara ini bertujuan memberi pembinaan sekaligus saling mengingatkan bagi kita bersama mengenai bahaya kanker," katanya.

Ia menilai bahwa kata kanker sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dan menjadi penyakit berbahaya yang sulit disembuhkan.

Generasi muda, ujarnya saat ini termasuk kelompok yang rentan terkena penyakit tersebut karena faktor kesibukan, kurangnya olahraga, konsumsi makanan kurang sehat, pengaruh pergaulan dan lainnya.

"Kami berharap dengan peringatan Hari Kanker ini menjadi pengingat untuk selalu terapkan hidup sehat dan bersama kita wujudkan kepedulian dalam melawan kanker dan terhindar dari penyakit berbahaya tersebut," ujar Ketua TP PKK.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar