Sosialisasikan bersepeda aman, ratusan pesepeda ikuti Gerakan Last Sunday Ride 2019 di Padang

id pesepeda di padang,komunitas pesepeda,komunitas sepeda,komunitas pesepeda di padang,bersepeda minggu terakhir 2019,berse

Sosialisasikan bersepeda aman, ratusan pesepeda ikuti Gerakan Last Sunday Ride 2019 di Padang

Ratusan pesepeda ikuti Gerakan Last Sunday Ride 2019 di Padang (Antara/Istimewa)

Padang (ANTARA) - Ratusan pesepeda dari berbagai komunitas mengikuti Gerakan Last Sunday Ride 2019 di Padang, Sumatera Barat.

Ketua Panitia Gerakan Last Sunday Ride 2019 Miya Maharani di Padang, Minggu mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengampanyekan bersepeda yang aman, tertib dan nyaman untuk pengguna jalan lainnya yang dilaksanakan pada hari Minggu terakhir di penghujung tahun.

"Alhamdulillah para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, tidak hanya komunitas dari Kota Padang namun juga berasal dari Payakumbuh, Bukittinggi dan beberapa daerah lainnya," kata dia.

Ia juga mengatakan Gerakan Last Sunday Ride 2019 baru pertama kali diadakan di Padang dan diharapkan ke depannya kegiatan tersebut menjadi agenda tahunan.

"Sebelumnya gerakan tersebut pernah diadakan di Jakarta pada 2010 dan tahun ini diadakan hampir di seluruh Indonesia, termasuk Padang," ujar dia.

Ia juga menyebutkan jarak yang ditempuh para pesepada yakni 29,4 kilometer yang dimulai dari Jalan KH Ahmad Dahlan Padang menuju simpang Didong, Jalan S.Parman dan seterusnya hingga kembali lagi ke rute semula yakni Jalan KH Ahmad Dahlan Padang.

"Sebelumnya ditargetkan 50 kilometer namun karena baru pertama kali jadi 29,4 hanya kilometer saja," ujar dia.

Ia berharap ke depannya komunitas sepeda yang ada di Kota Padang mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kota Padang.

"Saya berharap semoga Pemerintah Kota Padang memfasilitasi jalan khusus bagi pesepeda di Padang," ujar dia.

Ia juga mengatakan saat ini seperti di GOR Haji Agus Salim jalan khusus sepeda malah digunakan untuk para pedagang, sehingga para pesepeda malah menggunakan jalan yang tidak semestinya.