Ini rekayasa lalu lintas hindari kepadatan kendaraan jelang pergantian tahun di Bukittinggi

id Pos pengamanan,Polres Bukittinggi ,rekayasa lalu lintas di bukittinggi,berita sumbar

Ini rekayasa lalu lintas hindari kepadatan kendaraan jelang pergantian tahun di Bukittinggi

Pos pengamanan yang disediakan Polres Bukittinggi di Mandiangin tepatnya di depan Polsek Bukittinggi untuk memberi pengamanan bagi pengendara yang akan berlibur di Bukittinggi. (ANTARA/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Sumatera Barat memberlakukan rekayasa lalu lintas jelang pergantian tahun untuk menghindari kepadatan di dalam kota karena menumpuknya kendaraan.

Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso melalui Kanit Dikyasa Satlantas Polres setempat Ipda Yasliman di Bukittinggi, Jumat, mengatakan rekayasa lalu lintas itu sudah menjadi agenda tetap setiap tahun untuk keamanan dan kelancaran lalu lintas di Bukittinggi.

Menjelang pergantian tahun yaitu pada Selasa(31/12) pukul 18.00 WIB jika kondisi lalu lintas sudah tampak padat, maka kendaraan roda dua dan empat tidak lagi diizinkan masuk kota kecuali untuk keadaan darurat.

Saat malam tahun baru, penutupan jalan akan dilakukan di Simpang Tugu Polwan, Simpang Empat Atas Ngarai, Simpang Benteng, Simpang Jambu Air dan Simpang Tembok.

"Di titik tersebut kendaraan akan dialihkan misalnya di Simpang Tembok menuju ke Jalan Soekarno Hatta atau ke Pasar Aur Tajungkang menuju pemberhentian angkutan Ikabe. Ada petugas yang akan mengarahkan pengendara," katanya

Sementara kendaraan dari arah Padang Luar akan diarahkan berbelok kanan ke Simpang Taluak menuju ke Aur Kuning

Selanjutnya mengantisipasi menumpuknya kendaraan di dalam kota, kepolisian memberlakukan jalur satu arah yaitu di area Pasar Atas tetap menggunakan jalur seperti biasanya dan di Simpang Wowo menuju Kampung Cina berlaku satu arah.

"Rekayasa lalu lintas dilakukan untuk menghindari penumpukan di Jam Gadang yang biasanya menjadi pusat masyarakat melewatkan waktu jelang pergantian tahun. Bagi yang mau ke Bukittinggi, kami imbau agar berangkat dan tiba sebelum jadwal penutupan jalan," jelasnya.

Guna mendukung kelancaran dan kenyamanan masyarakat menikmati liburan akhir tahun, Polres Bukittinggi menyediakan tujuh pos terdiri dari satu pos terpadu di Jam Gadang, satu pos pelayanan di Simpang Kangkung dan lima pos pengamanan tersebar di Polsek Bukittinggi, Ampek Angkek, Padang Luar, Baso dan Palupuh.

Pengendara diimbau agar mematuhi aturan berlalu lintas, membawa kelengkapan surat kendaraan dan mematuhi arahan petugas untuk menciptakan keamanan dan kelancaran berlalu lintas. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar