Anggota DPR dukung Padang dan Padang Pariaman sebagai lokasi Penas Tani 2020

id berita padang, berita sumbar, penas tani 2020

Anggota DPR dukung Padang dan Padang Pariaman sebagai lokasi Penas Tani 2020

Anggota DPR RI Hermanto (Antara)

Padang, (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat Hermanto mendukung Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman yang ditetapkan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno sebagai penyelenggara bersama Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI 2020.

"Dengan demikian masyarakat, terutama generasi muda tani di kedua daerah tersebut akan banyak yang bisa menyaksikan dari dekat modernisasi pertanian terutama produk-produk inovatifnya," kata dia di Padang, Jumat.

Menurutnya dengan melihat sendiri modernisasi alat-alat pertanian diharapkan generasi muda Padang dan Padang Pariaman khususnya serta Indonesia pada umumnya akan tertarik untuk menekuni sektor pertanian.

Semoga tertancap di benak mereka, bekerja sebagai petani milenial tidak kalah bergengsi dengan profesi lainnya," ujarnya.

Penas XVI direncanakan berlangsung 20-25 Juni 2020 yang merupakan kegiatan rutin setiap tiga tahun sekali. Digagas oleh para tokoh tani dan nelayan sejak tahun 1971.

Kegiatan Penas diharapkan bisa menjadi wadah pertemuan para tani, nelayan dan petani hutan untuk saling mengisi dan memperkuat kepemimpinan agribisnis sektor pertanian, kelautan, perikanan dan kehutanan.

Hermanto berharap di Penas kali ini bisa diperagakan pertanian digital yaitu alat dan mesin pertanian bisa beroperasi sendiri sebagaimana yang sudah dilakukan oleh petani di luar negeri.

" Diharapkan ada peragaan pemanfaatan drone untuk proses pemupukan dan juga penggunaan traktor yang dikendalikan oleh remote control," ujarnya.

Selain itu pada kegiatan Penas kali ini diharapkan menjadi forum transfer berbagai inovasi teknologi yang efektif terutama kepada petani generasi milenial.

"Di tangan petani milenial, dimana pendidikan dan kemampuan nalar mereka yang lebih tinggi, inovasi teknologi tersebut diharapkan mampu disesuaikan dengan kondisi lokal masing-masing. Ini berarti tercipta inovasi baru oleh generasi milenial", katanya.

Untuk kesuksesan penyelenggaraan Penas nanti, Hermanto meminta para pihak dalam hal ini Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kota Padang, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, KTNA Pusat, KTNA Sumbar serta KTNA Daerah Padang dan Padang Pariaman untuk saling proaktif berkoordinasi dalam rangka menyamakan langkah dan strategi agar pelaksanaan bisa optimal.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memastikan acara pembukaan Pekan Nasional Kelompok Tani Nelayan Andalan (Penas-KTNA) XVI dilaksanakan di Padang Pariaman dan penutupan di Kota Padang.

"Sudah final. Sekarang kita fokus untuk persiapan agar perhelatan ini sukses terlaksana," katanya.

Sebelumnya acara Penas Tani tersebut rencananya difokuskan di Kota Padang dari pembukaan hingga penutupan. Namun dalam prosesnya, tim dari pusat menilai daerah itu kurang siap untuk beberapa kegiatan inti dan menggeser pelaksanaan ke Padang Pariaman.

Acara yang digeser diantaranya pembukaan, gelar teknologi dan pameran. Sementara acara diskusi dan seminar dalam ruangan tetap digelar di Padang.

Sementara itu untuk penginapan peserta yang diperkirakan akan berjumlah 60 ribu orang dari perwakilan 500 kota dan kabupaten dari 34 provinsi di Indonesia tetap memanfaatkan rumah penduduk di Padang dan Padang Pariaman.