TP-PKK Solok Selatan bina kader olah sampah jadi barang bernilai ekonomis

id TP-PKK Solok Selatan,berita solok selatan,berita sumbar,pengolahan sampah,ekonomi sampah

TP-PKK Solok Selatan bina kader olah sampah jadi barang bernilai ekonomis

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Solok Selatan Lora Ayahanda Putri, saat memberikan arahan bagi kader PKK yang mengikuti pelatihan pengolahan sampah, Rabu (11/12). (ist)

Padang Aro, (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) membina 175 kader untuk mengolah sampah agar bernilai ekonomis guna meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Produksi sampah baik di perkotaan maupun di pedesaan terus meningkat setiap tahun sehingga kader PKK di tingkat Kecamatan dan Nagari harus mampu memanfaatkan dan mengolahnya supaya bernilai ekonomis," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Solok Selatan Lora Ayahanda Putri di Padang Aro, Rabu (11/12).

Dia mengatakan, perempuan harus bisa memilah sampah antara organik dan anorganik sehingga memudahkan untuk pengolahannya.

Untuk sampah organik katanya, bisa diolah menjadi kompos dan minimal bisa dimanfaatkan sendiri oleh ibu rumah tangga untuk menanam sayuran di pekarangan rumah dan ini bisa mengurangi pengeluaran.

Sedangkan untuk sampah anorganik seperti plastik katanya, bisa diolah menjadi berbagai kerajinan dan bisa dijual sehingga bernilai ekonomis.

Menurut dia, dengan mengolah sampah keluarga sudah membantu pemerintah dalam mengurangi produksi sampah.

"Selain bernilai ekonomis pengolahan sampah juga membantu pemerintah dalam menekan produksi sampah," ujarnya.

Selain itu TP-PKK Solok Selatan juga melaksanakan lomba ketua dasawisma tingkat Nagari berprestasi.

Lomba kader dasawisma berprestasi untuk meningkatkan wawasan agar mampu menata dan mempersiapkan diri agar lebih profesional dalam menggerakkan 10 program PKK. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar