Pemkab Pasaman Barat luncurkan sekolah lanjut usia tangguh

id Sekolah lanjut usia,PKK Pasaman Barat

Pemkab Pasaman Barat luncurkan sekolah lanjut usia tangguh

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Pasaman Barat Titi Hamsuardi mengalungkan kokarde peserta sekolah lanjut usia di daerah itu, Jumat (15/3/2024). ANTARA/Altas Maulana

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat meluncurkan sekolah lanjut usia tangguh untuk 60 tahun ke atas pada dua kecamatan di daerah itu, Jumat.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Pasaman Barat Titi Hamsuardi sangat mengapresiasi hadirnya sekolah lanjut usia tangguh itu.

Sebab, katanya, dapat menjadi pusat pemberdayaan para lanjut usia untuk lebih berdaya dan tetap dapat berperan di dalam keluarga dan di tengah-tengah masyarakat.

"Tentu dengan adanya sekolah lansia dapat dikolaborasikan dengan kegiatan PKK terutama di kelompok kerja yang membidangi ketahanan keluarga. Program PKK dengan keluarga sebagai sasaran tidak meminggirkan keberadaan lanjut usia, karena dalam 10 program pokok PKK juga memiliki kegiatan yang sasarannya anggota keluarga yang lansia," jelasnya.

Ia berharap lansia dengan segala keterbatasannya tetap harus diberdayakan dengan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Pasaman Barat Anna Rahmadia mengatakan sekolah lansia itu baru ada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Pasaman dengan jumlah siswa 16 orang dan Kecamatan Luhak Nan Duo 17 siswa.

"Penyelenggaraan sekolah ini nantinya juga diberikan pembelajaran serta diadakannya wisuda. Tujuan diadakannya sekolah lansia adalah untuk menciptakan lansia yang tangguh, mandiri dan martabat di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Ketua Tim Kerja Ketahanan Keluarga dan Stunting BKKBN Provinsi Sumbar David Arga mengatakan sekolah lansia itu merupakan sekolah pertama yang didirikan oleh kabupaten di Sumatera Barat.

Ia menjelaskan perawatan jangka panjang bagi lansia bertujuan untuk mendampingi lansia yang tidak mampu menjalankan kehidupan secara mandiri.

"Dengan adanya sekolah ini lansia dipersiapkan agar menjadi lansia yang tangguh, aktif produktif dan bermartabat. Program ini merupakan salah satu upaya komprehensif pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup lansia dan merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh BKKBN di lingkup masyarakat," katanya.