Pegawai disengat tawon, petugas damkar beraksi

id damkar agam,eksekusi sarang tawon,cara mengeksekusi sarang tawon,berita agam

Pegawai disengat tawon, petugas damkar beraksi

Anggota rescue Satpol PP Damkar Kabupaten Agam, sedang memegang sarang tawon vespa di kantor koordinator pendidikan unit kerja Kecamatan Tanjungmutiara, Selasa (10/12). (Dok Satpol PP Damkar Agam)

​​​​​​​Lubukbasung, (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengerahkan tim rescue untuk mengeksekusi sarang tawon vespa di lemari milik kantor koordinator pendidikan unit kerja Kecamatan Tanjungmutiara, Selasa.

Kepala Satpol PP Damkar Agam, Kurniawan Syahputra di Lubukbasung, Selasa, mengatakan tim rescue sebanyak lima orang mengeksekusi sarang tawon menggunakan alat semprot dan insektisida.

"Tim langsung membersihan sisa sarang tawon di lemari dan memusnahkan sarang tawon tersebut," katanya didampingi Staf Damkar Satpol PP Damkar Agam Yudi Erdianto.

Ia mengatakan, eksekusi sarang tawon vespa itu dalam menindaklanjuti permintaan dari pegawai kantor koordinator pendidikan itu mengingat tawon tersebut telah menyerang pegawai kantor koordinator itu sebanyak sembilan orang.

Setelah mendapatkan laporan itu, tim langsung ke lokasi untuk eksekusi sarang tawon tersebut pada Selasa (10/12) sekitar 14.32 WIB.

"Eksekusi itu membutuhkan waktu selama satu jam dan eksekusi harus kita lakukan agar tidak ada korban lainnya," katanya.

Selama 2019, tambahnya, Satpol PP Damkar Agam telah mengeksekusi 85 sarang tawon di daerah itu.

Sementara pada 2018 sebanyak 50 sarang tawon yang dieksekusi di rumah warga, sekolah, kantor dan lainnya.

Kendala saat melakukan evakuasi sarang tawon di rumah warga, pohon dan lainnya, karena tidak memiliki peralatan lengkap. (*)