Dompet Dhuafa berikan bantuan ke pengungsi IKM di Papua

id Dompet Dhuafa,Kerusuhan Wamena,Ikatan Keluarga Minang,Perantau Minang,Berita Sumbar

Dompet Dhuafa berikan bantuan ke pengungsi IKM di Papua

Dompet Dhuafa berikan bantuan ke pengungsi IKM di Papua

Padang (ANTARA) - Dompet Dhuafa memberikan bantuan kepada para pengungsi Ikatan Keluarga Minang (IKM) korban tragedi kemanusiaan di daerah Tabita Sentani, Papua.

Pimpinan Dompet Dhuafa cabang Padang Hadie Bandarian Syah saat dihubungi dari Padang, Rabu mengatakan sebagai lembaga filantropi dan kemanusiaan Dompet Dhuafa prihatin dan peduli terhadap krisis yang terjadi di Wamena.

"Khususnya yang menimpa saudara kita para perantau Minang di Wamena," ujarnya.

Sejak peristiwa tersebut, Dompet Dhuafa terus memberikan bantuan berupa dapur umum, pakaian, layanan kesehatan, bantuan logistik serta taman ceria yang dibagikan oleh perwakilan relawan Dompet Dhuafa ke posko dan ke tenda-tenda pengungsian di Wamena, Papua.

"Tragedi kemanusiaan yang terjadi di Wamena, Papua, menyayat hati kita bersama, mereka merupakan saudara kita dan duka yang mereka alami, ialah duka kita juga," katanya.

Dompet Dhuafa dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat yakni TNI, kepolisian, dan lembaga kemanusiaan setempat.

"Insyaallah, distribusi kebutuhan di pengungsian dan pembangunan fasilitas publik pun akan segera dilakukan oleh Dompet Dhuafa," sambung dia.

Berdasarkan laporan para relawan Dompet Dhuafa dari Wamena, kondisi di Wamena saat ini sudah berangsur membaik, sejumlah toko sudah buka dan masyarakat sudah mulai beraktivitas.

Ia berharap semoga krisis di Wamena segera pulih dan jauh dari masalah yang memecah belah bangsa.

"Kami mengimbau masyarakat agar bersama-sama membangun kembali Wamena, merajut persatuan dan persaudaraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.